Waspada 7 Komplikasi yang Disebabkan Penyakit Varises, Bisa Fatal!

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Varises adalah kondisi medis yang ditandai dengan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah.

Varises adalah kondisi medis yang ditandai dengan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. 

Umumnya, varises jarang menimbulkan komplikasi, namun jika penyakit ini dibiarkan selama bertahun-tahun dan tidak diobati dapat membuat aliran darah pembuluh vena menjadi terganggu dan meningkatkan potensi terjadinya komplikasi.

Penyebab varises

Varises dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Disfungsi Katup Vena. Ketidakmampuan katup vena untuk menutup sepenuhnya menyebabkan darah mengalir mundur dan menumpuk, menyebabkan pembengkakan dan perluasan pembuluh darah vena.
  2. Faktor genetik. Riwayat keluarga dengan varises meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, menunjukkan adanya faktor genetik yang berperan.
  3. Kehamilan. Perubahan hormon selama kehamilan, peningkatan volume darah, serta tekanan pada pembuluh darah oleh janin yang berkembang dapat memperburuk varises atau menyebabkan pertumbuhan baru.
  4. Gaya hidup. Pekerjaan atau kebiasaan yang melibatkan posisi berdiri atau duduk yang lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah, memperburuk varises.
  5. Obesitas. Berat badan yang berlebihan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah, memperburuk kondisi varises atau meningkatkan risiko untuk mengembangkan varises.
  6. Kurangnya aktivitas fisik. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penurunan sirkulasi darah, meningkatkan risiko varises.
  7. Usia. Risiko varises meningkat seiring bertambahnya usia karena elastisitas pembuluh darah menurun seiring waktu.
  8. Kebiasaan merokok. Merokok dapat merusak pembuluh darah, meningkatkan risiko varises dan masalah vaskular lainnya.
  9. Hormon. Perubahan hormon selama masa pubertas, kehamilan, atau menopause dapat memengaruhi elastisitas dinding pembuluh darah, menyebabkan varises.
  10. Tekanan pada pembuluh darah. Tekanan eksternal pada pembuluh darah, seperti dari pakaian ketat atau penekanan berulang pada area tertentu, dapat memicu varises.

Baca juga: Ini Biaya Panggil Dokter Umum ke Rumah Terbaru (2024)

Komplikasi yang terjadi akibat varises

Berikut adalah beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat varises:

1. Tromboflebitis

Tromboflebitis adalah kondisi medis yang terjadi ketika pembuluh darah vena mengalami peradangan akibat terbentuknya gumpalan darah (trombosis). Gumpalan darah ini menyumbat aliran darah di dalam pembuluh vena dan menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena.

2. Pendarahan

Kondisi pendarahan ini terjadi ketika pembuluh vena mengalami varises pecah akibat terbentur atau robek. Kondisi ini umumnya bersifat ringan, namun juga bisa berpotensi parah dan sulit dihentikan.

3. Serangan jantung

Varises yang dibiarkan dapat menyebabkan penggumpalan darah di vena dalam (deep vein thrombosis) yang dapat menyebabkan aliran darah jadi tersumbat. Gumpalan tersebut bisa terlepas dan terbawa ke dalam sirkulasi darah. Jika gumpalan itu tersangkut ke jantung, bisa menyebabkan serangan jantung. Tersangkut ke otak bisa menyebabkan stroke, jika tersangkut di kaki disebut stroke kaki (limb ischemic).

4. Ulkus vena

Ulkus vena umumnya disebabkan oleh kerusakan pada katup vena. Pasalnya, katup sendiri bertanggung jawab dalam mengontrol tekanan darah di dalam vena. 

Pada orang dengan varises, katup pembuluh darah kaki tidak berfungsi dengan baik, sehingga darah berkumpul di kaki bagian bawah.Hal ini akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Seiring berkembangnya waktu, akan menimbulkan luka di sekitar area varises atau disebut ulkus vena. Beberapa bagian tubuh yang rentan mengalami kondisi ini adalah pergelangan kaki. 

Baca juga: Tak Banyak Diketahui, Angkat Kaki ke Dinding Sambil Berbaring Ternyata Punya Banyak Manfaat

5. Terjadinya eksim varises

Kondisi ini ditandai dengan kulit kemerahan, bersisik, dan akhirnya mengelupas. Pada sebagian kasus, kulit penderita bisa melepuh. Eksim varises terjadi karena varises menyebabkan penumpukan darah di dalam pembuluh vena, sehingga menyebabkan tekanan pada kulit di sekitarnya. Tekanan ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan iritasi.

6. Kaki bengkak

Pada umumnya, katup satu arah di pembuluh darah kaki menjaga darah mengalir ke atas menuju jantung. Ketika katup ini tidak bekerja dengan baik, hal ini memungkinkan darah akan kembali ke vena. Akibatnya, kaki mengalami pembengkakan. 

Tanda-tanda pembengkakan akibat varises seperti, sensasi ketat di kulit setelah melepas alas kaki. Pada kondisi yang lebih parah, mungkin hal ini akan menyebabkan sepatu tidak muat lagi. Namun, pembengkakan ini bisa membaik setelah Anda tidur dan menaruh kaki di permukaan yang lebih tinggi dan mengenakan stoking kompresi atau kaus kaki elastis.

7. Infeksi kulit

Pembengkakan pada varises dapat menganggu pertahanan alami tubuh terhadap infeksi. Akibatnya, bakteri yang ada di kulit dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Umumnya, pembengkakan ini disertai kemerahan dan sensasi hangat. 

Baca juga: Kenali Manfaat Telekonsultasi: Layanan Konsultasi Kesehatan Online di Era Digital

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda mengalami gejala yang mengganggu atau memburuk, seperti nyeri yang parah, pembengkakan, perubahan warna kulit di sekitar varises, atau jika varises menyebabkan masalah dalam aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran dan perawatan yang sesuai, termasuk pilihan pengobatan dan langkah-langkah pencegahan lebih lanjut.

Anda dapat melakukan konsultasi dokter online terlebih dahulu untuk melakukan langkah perawatan selanjutnya. Jika mobilitas Anda terbatas, dokter homecare Care Pro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro secara gratis untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini.

Care Pro juga menyediakan layanan lain seperti, Caregiver Live In, Caregiver Visit, Dokter Visit, Fisioterapi, Perawat Live In, Perawat Visit, dan Telekonsultasi dengan tenaga yang berpengalaman dan profesional.


REFERENSI:

Mayo Clinic (2021). Diseases & Conditions. Varicose Veins. Diakses ada 9 November 2023.

Halodoc (2023). Varises - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan. Diakses pada 9 November 2023.

Delaware Advenced (2022). 4 Complications of Untreated Varicose Veins. Diakses pada 9 November 2023.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id