Kenali Manfaat Telekonsultasi: Layanan Konsultasi Kesehatan Online di Era Digital
Content Writer | Carepro.co.id
Daftar Isi
- Mengenal Layanan Telekonsultasi
- Manfaat Menggunakan Layanan Telekonsultasi
- 1. 1. Mudah dan fleksibel
- 2. 2. Menghemat biaya perawatan dan pemeriksaan
- 3. 3. Dapat menjadi pertolongan pertama saat sakit
- 4. 4. Memudahkan pasien untuk mencatat riwayat kesehatan
- 5. 5. Lebih aman dan nyaman
- Tips Memilih Layanan Telekosultasi yang Terpercaya
Berkembangnya teknologi di era digital sangat berpengaruh di berbagai sektor, salah satunya di bidang layanan kesehatan. Selain lebih efektif, berbagai inovasi pelayanan kesehatan juga hadir untuk mempermudah pasien. Pasien dan dokter kini dapat terhubung dengan mudah secara online dengan menggunakan layanan Telekonsultasi.
Apa yang dimaksud layanan Telekonsultasi? Cari tau informasinya lebih lanjut pada ulasan berikut ini.
Mengenal Layanan Telekonsultasi
Layanan telekonsultasi atau konsultasi medis jarak jauh adalah layanan kesehatan yang memungkinkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan tanpa harus datang ke klinik atau rumah sakit melainkan menggunakan platform online.
Selain itu, layanan telekonsultasi juga memberikan keefektifan waktu bagi pasien. Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter kapan saja dan di mana saja bisa melalui chat atau video. Sehingga, Anda hanya membutuhkan ponsel atau gadget lain yang sudah terhubung jaringan internet untuk mendapatkan perawatan medis.
Baca juga: Mengetahui Peran Fisioterapi dalam Pemulihan Cedera Olahraga
Manfaat Menggunakan Layanan Telekonsultasi
Berikut ini ada beberapa manfaat jika Anda menggunakan layanan telekonsultasi, diantaranya sebagai berikut:
1. Mudah dan fleksibel
Seperti pernyataan sebelumnya, dengan menggunakan layanan telekonsultasi Anda dapat dengan mudah melakukan konsultasi kesehatan.
Waktu yang fleksibel dapat membantu Anda memilih dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan kapan saja dan di mana saja sesuai dengan masalah kesehatan yang Anda alami.
2. Menghemat biaya perawatan dan pemeriksaan
Dengan melakukan konsultasi jarak jauh Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi untuk kunjungan ke rumah sakit. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan tanpa harus keluar rumah lagi.
3. Dapat menjadi pertolongan pertama saat sakit
Layanan telekonsultasi juga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan pertolongan pertama. Dokter dapat memberikan diagnosis awal beserta rekomendasi obat, sehingga gejala sakit dapat segera diatasi.
Namun, apabila Anda membutuhkan tindakan medis yang lebih lanjut, dokter atau ahli kesehatan biasanya akan memberikan arahan atau rujukan ke rumah sakit terdekat.
4. Memudahkan pasien untuk mencatat riwayat kesehatan
Anda tak perlu khawatir, dengan menggunakan layanan Telekonsultasi setiap informasi mengenai riwayat kesehatan pasien akan tersimpan di dalam platform, sehingga Anda dapat melihatnya kapan saja.
Sebab, informasi ini akan sangat berguna apabila pasien ingin melalui pemeriksaan fisik lebih lanjut.
5. Lebih aman dan nyaman
Manfaat lain menggunakan layanan telekonsultasi adalah terjaganya privasi dan keamanan pasien meskipun menggunakan platform online. Di Care Pro sendiri menggunakan platform yang terenkripsi sehingga data dan privasi pasien akan tetap terjaga.
Baca juga: Pentingnya Penggunaan Aplikasi Home Visit, Pecahkan Solusi yang Gasuka Ribet!
Tips Memilih Layanan Telekosultasi yang Terpercaya
Berikut ini Care Pro akan memberikan tips bagaimana memilih layanan telekonsultasi yang baik dan terpeceraya:
- Pastikan layanan telekonsultasi yang terpecaya. Lakukan riset kecil untuk mengetahui layanan telekonsultasi yang baik. Anda dapat melihat dari review atau rating dari pengguna layanan ini. Pastikan Anda mengenal dengan baik layanan telekonsultasi yang Anda pilih.
- Pastikan memilih layanan telekonsultasi sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda sudah pasti, segera lakukan reservasi atau pemesanan dengan mengisi data diri yang dibutuhkan
- Pastikan untuk menyampaikan keluhan sesuai fakta. Tujuannya agar memudahkan dokter memahami permasalahan kesehatan yang pasien alami.
- Pastikan memahami pejelasan tenaga medis yang sudah disampaikan. Apabila Anda belum paham akan penjelasan dokter atau tenaga kesehatan lain, tanyakan lagi hingga benar-benar mengerti.
Baca juga: Pasang Kateter di Rumah: Biaya dan Perawatan
CarePro adalah salah satu perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat. Tak perlu repot lagi, kini Anda dapat menggunakan layanan Telekonsultasi dengan mudah di CarePro. Dapatkan aplikasinya dengan download secara gratis di sini.
CarePro juga menyediakan layanan lain seperti, Caregiver Live In, Caregiver Visit, Dokter Visit, Fisioterapi, Perawat Live In, dan Perawat Visit dengan tenaga yang berpengalaman dan profesional.