Pasang Kateter di Rumah: Biaya dan Perawatan

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Pemasangan kateter di rumah menjadi pilihan yang semakin umum bagi banyak pasien yang membutuhkan perawatan jangka panjang.

Pemasangan kateter di rumah menjadi pilihan yang semakin umum bagi banyak pasien yang membutuhkan perawatan jangka panjang. Dibandingkan dengan pasang kateter di fasilitas medis, pasang kateter di rumah dapat lebih nyaman dan menghemat waktu bagi pasien.

Beruntungnya, Care Pro menyediakan layanan perawatan untuk pelepasan, penggantian, dan pasang kateter di rumah. Selain itu, Care Pro juga menyediakan pemeriksaan tanda-tanda vital pasien, edukasi keluarga terkait perawatan kateter mandiri, dan layanan keperawatan di rumah lainnya.

Layanan Pasang Kateter di Rumah

Pasang kateter adalah prosedur medis yang melibatkan pemasangan tabung ke dalam saluran kemih guna membantu proses buang air kecil. Umumnya, pemasangan kateter dilakukan di klinik medis atau rumah sakit. Namun, seiring perkembangan layanan perawatan kesehatan, kini semakin banyak orang yang memiliki untuk melakukan perawatan kesehatan di rumah, termasuk pemasangan kateter.

Perlu diketahui, pasang kateter ini perlu dilakukan dengan hati-hati oleh tenaga medis yang berpengalaman. Sebab, jika dilakukan secara asal dapat menjadi sumber infeksi apabila tidak dilakukan dengan benar. Pemasangan juga perlu dilakukan dengan prosedur yang benar dan set kateter yang steril, seperti sarung tangan, kapas, selang, dan lainnya.

Penting juga bagi keluarga untuk memahami dan mengetahui terkait perawatan setelah pasang kateter di rumah, seperti kebersihan selang kateter, kantung urine, atau indikasi adanya infeksi. Umumnya, perawat pemasangan kateter di rumah akan menjelaskan cara perawatannya kepada keluarga pasien.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang membutuhkan layanan pasang kateter di rumah seperti:

  1. Inkontinensia urin. Kondisi ini mengacu pada ketidakmampuan untuk mengendalikan buang air kecil. Pasien dengan inkontinensia urin mungkin memerlukan kateterisasi untuk mengeluarkan urin secara teratur dan mencegah kebocoran.
  2. Retensi urin. Retensi urin terjadi ketika seseorang tidak dapat mengosongkan kandung kemih secara normal. Ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti pembesaran prostat pada pria atau kelumpuhan pada sistem saraf yang mengatur pengosongan kandung kemih. Pemasangan kateter dapat membantu mengosongkan kandung kemih secara teratur.
  3. Pembedahan saluran kemih atau genital. Pasien yang menjalani operasi pada saluran kemih atau genital mungkin memerlukan kateter sementara untuk membantu drainase urin selama pemulihan.
  4. Kondisi neurologis. Beberapa kondisi neurologis, seperti cedera tulang belakang atau penyakit saraf seperti multiple sclerosis, dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengontrol buang air kecil. Pemasangan kateter dapat diperlukan untuk mengelola kondisi ini.
  5. Perawatan paliatif atau perawatan akhir hidup. Pasien yang menerima perawatan paliatif atau perawatan akhir hidup karena kondisi medis yang serius mungkin memerlukan kateterisasi untuk mengurangi ketidaknyamanan dan menjaga kenyamanan.
  6. Kondisi medis yang kronis. Beberapa kondisi medis kronis, seperti batu ginjal atau infeksi saluran kemih berulang, dapat memerlukan pemasangan kateter untuk membantu mengatasi masalah drainase urin.

Estimasi Biaya Layanan Pasang Kateter di Rumah

Layanan pasang kateter dirumah, umumnya sudah meliputi layanan seperti:

  • Pemerikasaan tanda-tanda vital
  • Kantong urine
  • Alat kesehatan steril (sarung tangan, kasa) untuk pemasangan/penggantian kateter
  • Gel untuk pemasangan kateter
  • Selang kateter

Layangan perawatan kateter dari CarePro tersedia dengan biaya mulai dari Rp450.000. Dengan biaya tersebut, Anda sudah mendapatkan penanganan langsung dari dokter visit kami yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikasi resmi.

Jenis-jenis selang kateter yang digunakan

Perlu Anda ketahui, bahwa pemasangan kateter membutuhkan adanya alat yang dinamakan selang kateter. Selang kateter adalah tabung fleksibel yang digunakan untuk mengalirkan cairan ke dalam atau keluar dari tubuh.

Berikut ini ada beberapa jenis selang katater yang digunakan di CarePro:

1. Kateter Foley

Kateter folley (kateter urine menetap) adalah jenis selang kateter yang sering digunakan dalam prosedur medis untuk drainase urin dari kandung kemih. Kateter ini terdiri dari tabung karet atau plastik tipis yang fleksibel untuk melewati uretra ke kandung kemih Anda.

Jenis kateter ini biasanya digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Pemasangan kateter foley ini dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu dari lubang saluran kemih atau dari lubang kecil yang dibuat di perut melalui pembedahan.

2. Kateter Silikon

Kateter silikon adalah jenis selang kateter yang terbuat dari bahan silikon, sebuah bahan yang sering digunakan dalam berbagai produk medis karena sifatnya yang fleksibel, tahan terhadap panas, dan kebersihannya. Jenis kateter ini biasanya dapat digunakan selama 2-3 bulan karena bahannya yang cenderung lebih lentur.

Kelebihan Menggunakan Layanan Pasang Kateter di Rumah

Salah satu keunggulan utama menggunakan layanan pasang kateter di rumah adalah kenyamanan yang diberikan untuk pasien. Pasang kateter di rumah memungkinkan pasien untuk tetap berada di lingkungan yang akrab dan nyaman, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang terkait dengan perawatan medis. Hal ini juga sangat membantu bagi pasien yang memiliki mobilitas terbatas.

Selain itu, menggunakan layanan pasang kateter di rumah juga dapat menghemat waktu dan biaya pasien. Pasien tidak perlu menghabiskan waktu dalam perjalanan atau menunggu di ruang tunggu rumah sakit. Hal ini juga dapat mengurangi biaya transportasi dan akomodasi yang mungkin diperlukan untuk kunjungan ke fasilitas medis.

Pertanyaan umum tentang pasang kateter di rumah

Siapa yang akan memasang katater jika menggunakan layanan ini?

Layanan pasang kateter di rumah akan dilakukan oleh perawat atau dokter yang sudah berpengalaman. Pada kondisi tertentu, pemasangaan kateteer dilakukan oleh dokter spesiais. Namun, biasanya perawat dapat melakukan pemasangan atau penggantuan keteter di rumah.

Anda tak perlu khawatir, tindakan ini adalah tindakan medis yang umum dilakukan di rumah sakit. Sehingga perawat yang sudah berpengalaman dan mempunyai sertifikasi akan mampu melakukan tindakan ini.

Kapan selang kateter harus diganti?

Hal ini tergantung kondisi pasien dan jenis selang kateter yang digunakan. Umumnya, perawat atau dokter yang bertugas akan memberitahhukan kapan selang perlu diganti.

Berapa lama proses pemasangan kateter?

Lama proses pemasangan kateter dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis kateter yang dipasang, pengalaman perawat atau tenaga medis yang melakukan prosedur, serta kondisi kesehatan dan kebutuhan pasien. Secara umum, pemasangan kateter bisa memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit, tergantung pada kompleksitas prosedur dan kondisi spesifik pasien.

Selain biaya jasa apakah ada biaya lainnya?

Adanya jarak tempuh dari lokasi perawat atau dokter dengan rumah pasien memungkinkan adanya biaya tambahan, Anda dapat menanyakan langsung mengenai hal ini melalui customer service support.

Apakah pemasangan kateter harus dilakukan oleh tenaga medis profesional?

Ya, pemasangan kateter sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis profesional yang terlatih dan berpengalaman, seperti dokter atau perawat yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan prosedur dengan aman dan efektif. Hal ini disarankan karena pemasangan kateter melibatkan prosedur invasif yang memerlukan keahlian khusus dalam menangani peralatan medis dan memastikan kebersihan serta kenyamanan pasien.

Anda dapat memilih Care Pro sebagai penyedia layanan home care termasuk jasa perawatan kateter di rumah. Layanan ini dapat dengan mudah Anda dapatkan melalui aplikasi Care Pro secara gratis. CarePro juga menyediakan berbagai layanan kesehatan termasuk Caregiver Live In, Caregiver Visit,Telekonsultasi, Fisioterapi, Perawat Visit, dan Perawat Live In.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id