Pasang NGT di Rumah: Prosedur dan Estimasi Biaya (2024)

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Dalam dunia perawatan kesehatan, seringkali pasien membutuhkan prosedur medis tertentu yang memerlukan penanganan khusus. Salah satu prosedur yang umum dilakukan adalah pemasangan NGT (Nasogastric Tube) di rumah.

Dalam dunia perawatan kesehatan, seringkali pasien membutuhkan prosedur medis tertentu yang memerlukan penanganan khusus. Salah satu prosedur yang umum dilakukan adalah pemasangan NGT (Nasogastric Tube) di rumah.

NGT (Nasogastric Tube) adalah alat kesehatan yang dipasang kepada pasien yang biasanya dalam kondisi tidak mampu menerima asupan makanan dalam jangka panjang. Alat yang sering disebut dengan ‘selang makan’ atau ‘sonde’ ini berbentuk tabung fleksibel yang dimasukkan melalui lubang hidung melalui kerongkongan dan masuk ke perut. Umumnya, pasang NGT dilakukan di rumah sait, namun kini dengan adanya layanan dokter dan perawat visit, pasang NGT dapat dilakukan di rumah.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan ini, penting untuk memahami prosedur dan estimasi biayanya. Yuk, cek detail dan informasi lengkapnya di bawah ini.

Prosedur Pasang NGT di Rumah

Prosedur pemasangan NGT di rumah sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih dan sudah berpengalaman, namun bagi keluarga atau pendamping pasien sangat perlu memahami proses tersebut.

Berikut ini adalah prosedur umum pasang NGT di rumah:

  1. Konsultasi dengan Dokter. Langkah pertama adalah berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis yang berkualifikasi untuk menilai kebutuhan pasien dan menentukan apakah pemasangan NGT diperlukan.
  2. Cek kondisi pasien. Sebelum pemasangan NGT dilakukan, dokter akan mengevaluasi kondisi pasien secara menyeluruh, termasuk pemeriksaan fisik dan riwayat medis.
  3. Persiapan dan pemasangan NGT. Seteleah evaluasi, dokter akan memberikan instruksi tentang persiapan yang diperlukan sebelum pemasangan NGT dilakukan. Proses pemasangan NGT sendiri biasanya dilakukan oleh petugas medis yang terlatih.
  4. Pemantauan dan perawatan lanjutan. Setelah NGT dipasang, pasien dan keluarga perlu memahami cara merawat NGT dan memantau kondisi pasien secara berkala. Ini termasuk membersihkan NGT, memberikan nutrisi atau obat-obatan yang diperlukan, serta melaporkan setiap perkembangan atau masalah kepada dokter.

Estimasi Biaya Pasang NGT di Rumah Terbaru (2024)

Biaya pemasangan NGT di rumah dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi geografis, jenis layanan yang diberikan, dan kebutuhan spesifik pasien.

Beruntungnya, CarePro menghadirkan akses layanan kesehatan yang mudah termasuk pemasangan NGT di rumah. Layanan ini dapat dengan mudah Anda pesan langsung melalui aplikasi CarePro. Lalu, berapa biaya pasang NGT di CarePro? Layanan pasang NGT di rumah tersedia dengan biaya mulai dari Rp450.000. Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapatkan penanganan langsung dari dokter yang sudah berpengalaman, memiliki STR aktif, serta bersertifikat lengkap.

Biaya tersebut sudah termasuk:

  1. Kunjungan dokter atau perawat ke rumah;
  2. Jasa tindakan pemasangan NGT;
  3. Pemeriksaan tanda-tanda vital oleh dokter;
  4. Belum termasuk: Transportasi, harga alat kesehatan, dan biaya administrasi obat jika diperlukan.

Untuk informasi lengkap mengenai pasang NGT di rumah, Anda dapat mengubungi customer support CarePro di nomor (021)29601420 atau download aplikasinya secara gratis di sini.

Baca juga: Ini Biaya Panggil Dokter Umum ke Rumah Terbaru (2024)

Kenapa harus memilih CarePro?

Saat ini banyak penyedia layanan kesehatan yang tersedia. Namun, CarePro menghadirkan beberapa layanan kesehatan terbaik yang dapat Anda andalkan. Anda juga akan mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya:

1. Profesionalisme dan Pengalaman

CarePro memiliki reputasi yang baik dalam menyediakan layanan kesehatan yang profesional dan berkualitas tinggi. Tenaga Medis yang kami miliki sudah tersertifikasi dan sudah dilakukan penyaringan untuk mendapatkan kandidat terbaik.

2. Harga lebih hemat

Selain menggunakan tenaga yang berkualitas, CarePro menjadi salah satu layanan kesehatan yang berkomitmen untuk memberikan biaya yang lebih hemat dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya lain-lain, seperti biaya tempat, perawatan di rumah sakit, dan sebagainya karena dokter dan perawat visit akan langsung memberikan layanan kesehatan seperti pemasangan NGT dengan datang ke rumah Anda. Lebih hemat bukan?

3. Fleksibel

CarePro sering kali menawarkan jadwal yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien. CarePro juga mengadopsi teknologi terkini dalam memberikan layanan kesehatan, seperti aplikasi mobile untuk memudahkan komunikasi antara pasien dan tenaga medis, atau sistem monitoring jarak jauh untuk memantau kondisi pasien secara real-time.

Lewat aplikasi CarePro, juga akan memudahkan Anda ketika melakukan pemesanan secara langsung tanpa menggunakan admin.

4. Nyaman dan aman

Dengan mendapatkan perawatan di rumah atau di lingkungan yang nyaman bagi pasien, CarePro dapat memberikan tingkat kenyamanan dan privasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit atau fasilitas medis lainnya.

5. Cepat

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pelayanan yang cepat. Setelah Anda melakukan pemesanan melalui aplikasi CarePro, dokter pilihan Anda akan segera mendatangi lokasi Anda. Sehingga, pemeriksan dan penanganan medis akan dapat dilakukan dengan segera dan lebbih efisien.

Baca juga: Pasang Kateter di Rumah: Biaya dan Perawatan

Pertanyaaan Umum Seputar Pasang NGT di Rumah

1. Berapa lama proses pasang NGT ketika dilakukan di rumah?

Umumnya, proses pasang NGT membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 menit. Namun, ada beberapa pasien dalam kondisi tertentu membutuhkan waktu 15 hingga 10 menit saat proses pemasangan. Oleh sebab itu, sebelum melakukan proses pasang NGT, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk cek kondisi pasien.

2. Siapa yang akan melakukan prosedur pasan NGT di rumah?

Pemasangan NGT di rumah dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih, seperti perawat atau dokter, yang memiliki pengalaman dalam melakukan prosedur ini.

3. Berapa lama selang NGT harus diganti?

Durasi penggunaan NGT tergantung pada kebutuhan medis individu pasien dan rekomendasi dokter yang merawat. Biasanya jangka waktu pemasangan selang NGT hanya bertahan selama 7 hari, setelah itu selang harus segera diganti. Namun, selang NGT silikon biasanya akan bertahan lebih lama, rata-rata 1 hingga 3 bulan setelah pemasangan.

4.Bagaimana cara merawat NGT setelah prosedur pemasangan selesai?

Perawatan NGT meliputi membersihkan NGT secara teratur, memastikan posisi dan fiksasi NGT yang tepat, memberikan nutrisi atau obat-obatan yang diperlukan, serta memantau kondisi pasien secara berkala.

5. Di CarePro apakah layanan pasang NGT di rumah tersedia di semua wilayah?

Kami berusaha membantu semua pasien yang membutuhkan dokter visit diwilayahnya. Tetapi, untuk saat ini kami hanya bisa melayani wilayah Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Anda dapat mempercayakan CarePro sebagai pilihan penyedia layanan Anda untuk kenyamanan dan kemudahan dalam mendapatkan perawatan medis. CarePro menyediakan berbagai layanan kesehatan termasuk Caregiver Live In, Caregiver Visit, Telekonsultasi, Fisioterapi, Perawat Visit, dan Perawat Live In.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id