Mengenal Myotherapy: Teknik Mengatasi Nyeri Otot dan Kaku Sendi

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Myotherapy adalah salah satu bentuk terapi fisik yang biasanya digunakan untuk mengatasi nyeri pada jaringan lunak dan terbatasnya gerakan sendi akibat masalah pada otot atau myofascia.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari rasa sakit atau rasa tak nyaman, salah satunya adalah nyeri otot dan sendi. Nyeri yang muncul bisa disebabkan karena cedera, penyakit, atau kebiasaan tertentu.

Sayangnya, masih banyak orang yang sering mengabaikan kondisi ini. Padahal nyeri otot dan sendi perlu segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas serta memperburuk kondisinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri otot dan sendi adalah melakukan myotherapy.

Apa itu Myotherapy? 

Myotherapy adalah salah satu bentuk terapi fisik yang biasanya digunakan untuk mengatasi nyeri pada jaringan lunak dan terbatasnya gerakan sendi akibat masalah pada otot atau myofascia.

Myofascia adalah jaringan serat tipis yang mengelilingi dan memisahkan otot. Tendon dan ligamen termasuk sekelompok myofascial. Dalam keadaan normal, myofascial dapat bergerak dan merenggang tanpa hambatan. Namun, bila terjadi peradangan atau trauma fisik, myofascial akan kehilangan kelenturannya dan dapat menjadi kencang. Hal inilah yang dapat menimbulkan tegangan pada otot di seluruh tubuh.

Selain itu, myotherapy juga menggunakan teknik yang dimiliki oleh ahli terapi fisik dan ahli osteopati untuk melepaskan ketegangan otot dan mengurangi rasa sakit. Pengobatan myotherapy juga dikenal sebagai pijat olahraga atau pijat medis. Umumnya, untuk mengatasi ketegangan otot dan sendi, myotherapist akan menggunakan teknik pijatan khusus menggunakan jari, tangan, siku, hingga ibu jari.

Berbeda dengan terapi fisik pada umumnya, myotherapy lebih fokus pada teknik menggunakan tangan untuk mengurangi nyeri dan memperbaiki gerakan.

Baca juga: Peran Terapi Wicara: Solusi untuk Memperbaiki Kemampuan Bicara

Teknik pada Myotherapy

Selain teknik pemijatan, ada beberapa terapi yang dilakukan dalam myotherapy antara lain:

  1. Terapi stimulasi saraf listrik transkutan (TENS). Teknik ini dilakukan dengan menggunakan aliran listrik rendah untuk mengurangi rasa sakit. Stimulasi listrik ini bertujuan untuk membloki sinyal nyeri yang dikirimkan ke otak, sehingga mengurangi presepsi rasa sakit.
  2. Terapi titik pemicu (akupresur). Teknik terapi ini melibatkan penggunaan tekanan ringan atau sedang pada titik-titik tertentu di tubuh untuk mengurangi ketegangan otot, meredakan nyeri, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Teknik ini mirip akupuntur tapi tanpa jarum.
  3. Terapi panas atau dingin. Terapi panas biasanya melibatkan penerapan panas ke area yang terkena menggunakan kompres panas, botol air panas, atau perangkat pemanas khusus. Sementara terapi dingin melibatkan penerapan dingin ke area yang terkena mengguakan kantong es, kantong kacang beku, atau kompres dingin. Kedua teknik ini dinilai efektif tergantung pada jenis cedera atau kondisi tertentu.
  4. Tusuk jarum kering myofascial. Teknik myofascial di mana jarum akupuntur disuntikkan ke dalam titik-titik pemicu (trigger points) di otot untuk meredakan nyeri dan meningkatkan fungsi otot.
  5. Peregangan pasif. Metode dengan menggerakkan bagian tubuh pasien yang terkena dengan lembut melalui rentang gerakannya.

Baca juga: Home Visit Fisioterapi, Solusi Mendatangkan Ahli Fisioterapi ke Rumah

Manfaat Myotherapy

Myotherapy dapat bermanfaat untuk mengatasi beberapa gangguan, diantaranya:

  • Beberapa cedera olahraga.
  • Sakit kepala tegang.
  • Terkena cedera akibat penggunaan, seperti tennis elbow atau shin splints.
  • Leher terpuntir (torticollis).
  • Kesleo otot.
  • Sakit akibat postur tubuh yang buruk.
  • Mengalami beberapa jenis nyeri sendi, seperti sindrom pelampiasan bahu.

Sebuah studi juga menjelaskan bawa pemijatan dapat mengurangi nyeri, kecemasan, dan depresi pada orang yang menderita fibromyalgia ketika dilakukan bersamaan dengan terapi konvensional. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek terapi ini lebih lanjut.

Baca juga: Mengetahui Peran Fisioterapi dalam Pemulihan Cedera Olahraga

Anda mengalami nyeri otot dan sendi? Care Pro menyediakan berbagai macam layanan Fisioterapi dengan tenaga ahli yang ramah dan juga sudah berpengalaman untuk membantu keluarga tersayang Anda mendapatkan terapi yang terbaik.

Sebelum Anda ingin melakukan fisioterapi, Anda dapat melakukan konsultasi dokter online terlebih dahulu untuk melakukan langkah perawatan selanjutnya. Dokter homecare Care Pro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro secara gratis untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini.


REFERENSI

Healthline (2020). What to Know About Myotherapy. Diakses pada 16 April 2024.

Australiannaturaltherapist (2023). The Definitive Guide To Myotherapy | Benefits & Treatment. Diakses pada 16 April 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada