6 Keuntungan Menggunakan Caregiver Visit

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Rasakan 6 keuntungan menggunakan caregiver visit! Solusi untuk merawat anggota keluarga yang sakit dan lansia di rumah.

Di era yang serba sibuk seperti sekarang, merawat anggota keluarga yang sakit, lansia, atau membutuhkan pendampingan ekstra bisa menjadi tantangan tersendiri.  Apalagi jika Anda dan keluarga besar  tinggal terpisah. Inilah saatnya caregiver visit menjadi solusi yang tepat. Sebab, banyak keuntungan menggunakan caregiver visit yang akan Anda dapatkan.

Keuntungan Menggunakan Caregiver Visit

Perawat home visit akan datang langsung ke rumah untuk memberikan perawatan dan pendampingan kepada orang yang Anda sayangi.

Berikut adalah 6 keuntungan menggunakan caregiver visit:

1. Perawatan yang Lebih Personal

Dengan perawatan di rumah, pasien akan merasa lebih nyaman dan rileks. Perawat home visit dapat memberikan perhatian penuh dan perawatan yang lebih terpersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pasien.

Perawatan di rumah dengan perawat home visit memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah kenyamanan dan relaksasi bagi pasien.

Berikut beberapa alasan mengapa pasien merasa lebih nyaman dan rileks dengan perawatan di rumah:

  • Lingkungan yang familiar: Pasien dikelilingi oleh lingkungan yang familiar dan nyaman, yaitu rumah mereka sendiri. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang mereka rasakan.
  • Privasi yang terjaga: Perawatan di rumah memberikan privasi yang lebih terjaga dibandingkan dengan di rumah sakit. Pasien tidak perlu berbagi ruang dengan pasien lain dan dapat lebih bebas untuk menjadi diri mereka sendiri.
  • Rutinitas yang terjaga: Pasien dapat tetap menjalani rutinitas mereka di rumah, seperti tidur di kasur mereka sendiri, makan makanan favorit mereka, dan menonton acara TV favorit mereka. Hal ini dapat membantu mereka merasa lebih normal dan terkontrol dalam hidup mereka.
  • Kedekatan dengan keluarga: Pasien dapat dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman mereka selama perawatan di rumah. Hal ini dapat memberikan dukungan emosional yang penting dan membantu mereka merasa lebih dicintai dan dipedulikan.

Perawat home visit yang terlatih dan berpengalaman akan memberikan perhatian penuh kepada pasien dan memahami kebutuhan mereka secara individual.  Mereka akan bekerja sama dengan pasien dan keluarga untuk mengembangkan rencana perawatan yang tepat dan personalized.

2. Mengoptimalkan Masa Pemulihan

Perawat home visit dapat membantu pasien dalam hal pengobatan, terapi, dan aktivitas sehari-hari lainnya.  Dengan pendampingan yang terus menerus, proses pemulihan pasien pun bisa lebih optimal.

3. Memberikan Dukungan Emosional

Selain perawatan fisik, pasien yang sedang sakit atau lansia terkadang juga membutuhkan dukungan emosional. Perawat home visit dapat menjadi teman bicara yang baik dan membantu pasien menjalani masa-masa sulit.

Baca Juga:

4. Memberikan Ketenangan Pikiran bagi Keluarga

Sumber: Canva/Caregiver sedang mengajak lansia jalan-jalan di taman

Salah satu keuntungan utama menggunakan caregiver visit adalah ketenangan pikiran bagi keluarga pasien.

Merawat anggota keluarga yang sakit, lansia, atau membutuhkan pendampingan ekstra bisa menjadi tugas yang berat dan penuh tekanan.  Apalagi jika Anda dan keluarga besar memiliki kesibukan masing-masing dan tidak bisa selalu berada di sisi pasien.

Perawat home visit dapat membantu meringankan beban keluarga dengan memberikan perawatan yang profesional dan penuh kasih sayang kepada pasien.  Dengan demikian, keluarga pasien dapat:

  • Merasa tenang mengetahui bahwa orang yang mereka sayangi mendapatkan perawatan yang baik: Perawat home visit telah terlatih dan berpengalaman dalam memberikan berbagai jenis perawatan, termasuk perawatan medis, perawatan kebersihan diri, dan pendampingan aktivitas sehari-hari. Mereka juga akan selalu memantau kondisi pasien dan melaporkan perkembangannya kepada keluarga secara berkala.
  • Memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan keluarga lain: Dengan bantuan perawat home visit, keluarga pasien tidak perlu menghabiskan seluruh waktu mereka untuk merawat pasien. Mereka dapat memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaan, mengurus anak-anak, atau simply bersantai.
  • Mengurangi stres dan kecemasan: Merawat anggota keluarga yang sakit bisa menjadi sumber stres dan kecemasan bagi keluarga. Perawat home visit dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan ini dengan memberikan dukungan emosional kepada pasien dan keluarga.

5. Fleksibilitas dan Kemudahan

Caregiver visit menawarkan fleksibilitas dalam hal jadwal dan durasi perawatan.  Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi pasien. Selain itu, mencari perawat home visit  juga mudah dan dapat dilakukan secara online.

6. Mencegah Isolasi Sosial

Pasien yang harus tinggal di rumah dalam waktu lama rentan mengalami isolasi sosial. Perawat home visit dapat membantu pasien untuk tetap terhubung dengan dunia luar dan mengurangi perasaan kesepian.

Caregiver visit menawarkan banyak keuntungan bagi pasien dan keluarga.  Dengan perawatan di rumah, pasien bisa mendapatkan perawatan yang lebih baik dan merasa lebih nyaman, sementara keluarga pun bisa mendapatkan ketenangan pikiran. Jika Anda sedang mencari solusi untuk merawat anggota keluarga tercinta, pertimbangkan untuk menggunakan caregiver visit dari CarePro. Segera kunjungi website CarePro untuk dapatkan promo menarik. Anda juga bisa download aplikasi CarePro di Google Play Store untuk kemudahan akses semua layanannya.

REFERENSI
Dinas Kesehatan Kota Batam. Perawatan Kesehatan Lansia. Diakses pada 14 April 2024.
Walfinch. What Are the Different Types of Senior Care?. Diakses pada 24 Maret 2024.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Telogorejo. Pentingnya Menjaga Kesehatan Pada Lansia. Diakses pada 14 April 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id