Home Care: Pengertian, Manfaat, Cara Menggunakan, dan Biaya

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Dengan home care service, perawatan medis menjadi sangat mudah untuk didapatkan. Yuk, kenali lebih jauh layanan perawatan medis ini di sini!

Saat ini, pelayanan home care merupakan pilihan terbaik dalam membantu perawatan kesehatan keluarga di rumah. Bukan tanpa alasan, dengan pelayanan ini, masa pemulihan kondisi kesehatan terbukti jauh lebih efektif dan cepat dengan hadirnya tenaga medis di rumah Anda.

Pelayanan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kendala atau keterbatasan untuk datang ke fasilitas kesehatan terdekat. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang layanan home care, simak ulasan berikut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pengertian Home Care

source: insanmedika.co.id

Dilansir dari National Health of Medicine, home care adalah suatu pelayanan kesehatan yang bisa Anda dapatkan di rumah. Seperti namanya, perawat atau tenaga medis yang akan mendatangi rumah Anda untuk membantu dalam proses perawatan atau pemulihan kesehatan yang Anda atau keluarga butuhkan.

Pada umumnya, layanan home care ini digunakan bagi orang yang membutuhkan perawatan intensif jangka panjang, seperti pemulihan setelah operasi, lansia, dan lainnya. Sehingga mereka tidak perlu repot untuk mengunjungi fasilitas kesehatan yang ada, sebaliknya, mereka mendapatkan perawatan terbaik di tempat ternyaman yang mereka inginkan.

Manfaat Menggunakan Layanan Home Care

Dari penjelasan di atas, satu manfaat yang bisa didapatkan dari jasa home care ini, yaitu kemudahan dan kepraktisan dalam mendapatkan perawatan kesehatan di rumah. Namun, ada beberapa manfaat lain yang tentu bisa Anda dapatkan dari layanan home care ini. Berikut penjelasannya.

1. Menjaga Kesehatan Mental Anda

Dengan tetap berada di lingkungan rumah yang nyaman, Anda pasti akan merasa lebih tenang dalam menjalani perawatan kesehatan. Perasaan aman, nyaman, dan tenang tersebut memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental dan emosional Anda, jadi, proses pemulihan kesehatan menjadi lebih cepat dan efektif.

Selain itu, dengan adanya perawat home care di rumah, Anda tetap bisa berkumpul dengan keluarga yang cenderung memberikan motivasi terampuh dalam proses pemulihan kesehatan yang Anda jalani.

Tidak menutup kemungkinan, dengan tetap terhubung dengan keluarga dan kegiatan sehari-hari seperti makan dan nonton film bersama, masa pemulihan tidaklah seberat ketika dijalani di fasilitas kesehatan.

Hal tersebut membantu mengurangi stres yang didapat dari perawatan jangka panjang yang harus dilakukan, sehingga, dapat mempercepat proses kesembuhan.

Pada dasarnya, kesehatan mental juga sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pemulihan kesehatan, dan layanan home care menjadi satu cara untuk mendapatkannya.

2. Kualitas Perawatan yang Anda Dapatkan

Tentang perawatan, Anda tak perlu khawatir, perawat home care sama profesionalnya dengan yang ada di fasilitas kesehatan. Bahkan, perawat home care dapat melakukan berbagai macam perawatan yang bisa Anda dapatkan, seperti, medis, rehabilitasi, bantuan dalam kegiatan sehari-hari, serta dukungan emosional dan psikososial.

Tim perawat home care akan melakukan pemeriksaan menyeluruh tentang kondisi kesehatan Anda, sekaligus membuat rancangan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini memungkinkan perawat home care untuk mengidentifikasi perubahan atau komplikasi potensial yang mungkin terjadi dan mengambil tindakan yang diperlukan dengan cepat.

3. Mengurangi Resiko Infeksi Nosokomial

Mengutip dari PubMed, infeksi nosokomial merupakan infeksi yang ada dan berkembang di lingkungan rumah sakit. Infeksi yang biasanya muncul seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, dan infeksi luka operasi.

Nah, dengan menggunakan jasa home care, Anda dapat mengurangi resiko penularan infeksi tersebut. Sehingga, proses pemulihan kesehatan bisa berjalan dengan lancar dan aman. Tentu saja, Anda tidak ingin munculnya komplikasi tambahan dan memperlambat proses pemulihan pasien, kan?

Jenis Layanan Home Care

source: insanmedika.co.id

Tak seperti perawatan biasa yang Anda dapatkan di fasilitas kesehatan, layanan home care memberikan perawatan extra untuk menunjang masa pemulihan kesehatan Anda. Berikut beberapa jenis layanan home care yang bisa Anda dapatkan:

1. Perawatan Medis

Perawatan medis yang akan Anda dapatkan adalah monitoring kondisi kesehatan sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti, pemberian obat, infus, perawatan luka, dan lainnya yang menyangkut dengan penyakit yang Anda derita.

2. Perawatan Non-Medis

Dengan adanya perawat home care di rumah, Anda juga mendapat bantuan dalam melakukan kegiatan sehari-hari jika memang dibutuhkan. Biasanya, perawatan ini sangat bermanfaat bagi lansia atau kondisi kesehatan yang kronis. 

Perawatan ini meliputi bantuan dalam makan, mandi, toileting, berpakaian, pemindahan dari tempat tidur ke kursi dan sebaliknya, sekaligus perawatan kebersihan gigi dan oral. 

3. Dukungan Psikososial

Your mental health matters. Dukungan psikososial menjadi hal yang tidak bisa diremehkan untuk pasien atau keluarga. Dukungan ini ditujukan untuk menjaga kesehatan mental dan emosional dalam masa pemulihan kesehatan.

Layanan ini termasuk konseling dan edukasi mengenai manajemen stres, sehingga Anda dapat menjalani masa pemulihan dengan tenang dan nyaman. Bagi keluarga, hal ini sangat dibutuhkan untuk tetap dapat memberikan motivasi dan energi positif dalam menemani masa penyembuhan Anda.

4. Perawatan Rehabilitasi

Perawatan ini dirancang khusus bagi Anda yang membutuhkan pemulihan atau peningkatan fungsi kognitif, fisik, atau bahkan emosional pasca mengalami operasi, cedera, dan penyakit serius. Dapat dikatakan, perawatan rehabilitasi ini termasuk fisioterapi dalam memperbaiki mobilitas Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan terapi okupasi yang bertujuan untuk membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sekaligus terapi bicara jika memang dibutuhkan dalam memperbaiki fungsi kognitif.

5. Perawatan Jangka Panjang

Perawatan jangka panjang menyediakan perawatan yang berkelanjutan bagi Anda dengan kondisi kesehatan kronis atau kebutuhan perawatan jangka panjang.

Perawatan ini meliputi monitoring kondisi kesehatan, pemberian obat, bantuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, serta perawatan kesehatan yang berkelanjutan dari perawat home care.

Cara Mendapatkan Layanan Home Care

Setelah mengetahui manfaat dari layanan home care, beberapa dari Anda mungkin tertarik untuk mencobanya. Maka dari itu, simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mendapatkan layanan home care terbaik di rumah.

1. Konsultasi dengan Dokter

Langkah awal untuk mendapatkan layanan home care adalah dengan berkonsultasi kepada dokter Anda. Biasanya, dokter akan mengevaluasi kondisi kesehatan Anda dan menentukan apakah Anda perlu menerima layanan home care

Bukan hanya itu, dengan berbagai macam layanan home care, dokter juga dapat merekomendasikan jenis layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga, Anda dapat merasakan perawatan terbaik di rumah seperti yang Anda inginkan.

2. Pemilihan Penyedia Layanan Home Care

Setelah mengetahui diagnosa dokter mengenai jenis layanan home care yang Anda butuhkan, Anda dapat memilih penyedia layanan home care yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. 

Tentu saja, Anda dapat meminta referensi dari dokter Anda, fasilitas kesehatan lokal, atau rekomendasi dari orang-orang yang Anda kenal. Pastikan untuk memilih penyedia layanan yang terpercaya, berlisensi, dan memiliki reputasi yang baik.

Di mana Mendapatkan Layanan Home Care?

source: insanmedika.co.id

Pada dasarnya, Anda bisa mendapatkan layanan home care melalui berbagai cara sesuai dengan kondisi Anda. Untuk membuatnya mudah, berikut penjelasan untuk mengetahui di mana Anda bisa menemukan layanan home care terbaik.

1. Layanan Kesehatan Rumah Sakit atau Fasilitas Kesehatan

Beberapa rumah sakit dan fasilitas kesehatan menawarkan layanan home care sebagai bagian dari pilihan perawatan mereka.

Sebenarnya, ini merupakan pilihan yang aman karena adanya kolaborasi yang baik antara perawat rumah sakit dan perawat yang memberikan layanan home care untuk Anda. Sehingga, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan kualitas perawatan yang baik.

2. Penyedia Layanan Home Care Swasta

Pada dasarnya, ada banyak perusahaan swasta yang menyediakan layanan home care 24 jam. Kabar baiknya, kini terdepat sebuah aplikasi kesehatan yang menyediakan layanan pencarian tenaga medis untuk layanan yang Anda butuhkan. CarePro akan membantu Anda dalam mencari jasa home care terdekat.

Dengan jangkauan yang luas, CarePro dapat memberikan pilihan perawat home care Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya. Tidak hanya itu, mengenai tarif atau harga home care, CarePro menjamin Anda akan mendapatkan informasi biaya home care dengan mudah.

Selain home care, CarePro juga dapat membantu Anda dalam mencari pelayanan Caregiver Live In, Caregiver Visit, Dokter Visit, Fisioterapi, Perawat Visit, dan Telekonsultasi. Di aplikasi ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai harga, jarak, perawat atau tenaga medis tersertifikasi, dan lainnya.

Anda bisa mendapatkan aplikasi kesehatan CarePro melalui App Store dan Google Play, memberikan kemudahan dalam menemukan layanan kesehatan yang Anda butuhkan.

Biaya Layanan Home Care

Tidak perlu khawatir akan biaya. Home care memiliki salah satu keunggulan dibanding dengan layanan lainnya. Mulai dari Rp 150 ribu, Anda sudah bisa memesan layanan home care ini.

Namun, di beberapa penyedia layanan home care lain, biayanya bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor, contohnya: jarak, jenis layanan yang dibutuhkan, durasi perawatan, dan tingkat keparahan kondisi kesehatan pasien. Maka, sebaiknya Anda tanyakan soal biaya ke penyedia layanan sebelum memesan layanan home care.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Home Care

Apa tujuan lain dari home care?

Tujuan lain dari home care yakni meningkatkan, mempertahankan, dan memperbaiki kondisi kesehatan pasien agar dapat menjadi lebih optimal.

Apa prinsip perawatan home care?

Prinsip perawatan home care adalah pelayanan keperawatan kesehatan yang dilaksanakan secara berkelanjutan, komprehensif, intensif serta mengutamakan upaya yang promotif dan preventif.

Penyakit apa saja yang paling membutuhkan pelayanan home care?

Pasien dengan pengidap kasus penyakit gagal jantung, gangguan oksigenasi, gangguan fungsi perkemihan, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

Apa saja keuntungan home care dibandingkan dengan pelayanan yang ada di rumah sakit?

Tentu saja lebih hemat karena tidak memerlukan biaya untuk ruangan, biaya administrasi, transportasi. Selain itu juga penanganannya lebih intensif dan perawatannya secara privat.

Kesimpulan

Perawatan home care bukan hanya tentang menjaga kebersihan dan kesehatan rumah Anda, tetapi juga memastikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh keluarga. Ingatlah bahwa perawatan yang konsisten dan proaktif dapat membantu mencegah masalah besar di masa depan. Jadi, mulailah sekarang, dan nikmati manfaatnya untuk jangka panjang!


REFERENSI

National Library of Medicine. Home care nurses' identification of patients at risk of infection and their risk mitigation strategies: A qualitative interview study. Diakses pada 15 Februari 2024.

PubMed. Nosocomial Infections. Diakses pada 15 Februari 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id