Kaya Serat dan Antioksidan, Ini 7 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan Tubuh

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Kandungan antioksidan dan kaya serat pada beras merah dinilai baik untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaatnya bagi tubuh?

Menjalani pola hidup yang sehat tentu perlu memasukkan menu makanan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya mengonsumsi beras merah. Kandungan antioksidan dan kaya serat pada beras merah dinilai baik untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaatnya bagi tubuh? Berikut ini CarePro akan membahas lebih lengkap mengenai manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Pada Beras Merah

Beras merah adalah salah satu jenis makanan serealia atau biji-bijian yang biasanya digunakan untuk pengganti nasi. Proses pengelupasan kulit pada beras merah hanya terjadi satu kali. Oleh sebab itulah, kandungan nutrisinya tidak banyak yang terbuang.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam beras merah juga beragam.Dalam 100 gram beras merah terkandung berbagai macam zat gizi berikut ini:

  • 110 kalori
  • 22,78 gram karbohidrat
  • 2,56 gram protein
  • 0,9 gram lemak
  • 1,8 gram serat
  • 43 miligram kalium
  • 301 miligram sodium

Selain itu, beras merah juga kaya akan serat serta mengandung antioksidan flavonoid seperti anthocyanin (antosianin) apigenin, myricetin, dan quercetin. Tak heran jika beras merah sering dijadikan menu diet.

Baca juga: 7 Jenis Sayuran perlu Dihindari Penderita Hipertensi

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

Dari banyaknya kandungan nutrisi pada beras merah, bisa dikatakan mengonsumsi beras merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

1. Membantu mengontrol gula darah

Bagi Anda penderita diabetes ringan, mengonsumsi beras merah bisa menjadi solusi bagi Anda agar bisa tetap mengontrol kadar gula darah agar tetap normal. Pasalnya, beras merah diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan dalam meningkatkan kadar gula darah.

2. Membantu mengontrol berat badan

Bagi Anda yang kesulitan menurunkan berat badan, mengonsumsi beras beras merah bisa dijadikan pilihan untuk menu diet. Dalam beras merah, mengandung berbagai macam nutrisi, seperti protein, serat, hingga karbohidrat kompleks yang tinggi, sehingga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan seratnya juga tinggi sehingga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan untuk membuang lemak berlebih dalam tubuh.

3. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, beras merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri adalah senyawa yang dapat menjaga tubuh dari stres oksidatif atau kondisi yang mana kadar radikal bebas telah melebihi kapasitas tubuh. Mengonsumsi beras merah dapat berperan untuk menetralkan kadar radikal bebas tersebut.

4. Membantu menjaga kesehatan tulang

Salah satu kandungan beras merah yaitu magnesium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang bahkan gigi. Tak hanya menjaga kesehatan tulang, kandungan magnesium dalam beras merah juga diketahui dapat meredakan gangguan sendi.

Selain menjaga kesehatan tulang, kandungan magnesium dalam beras merah diketahui dapat meredakan gangguan sendi.

5. Mencegah terjadinya penyakit jantung

Tingginya kadar kolesterol, dapat memicu risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini dapat memicu adanya plak pada dinding arteri yang dapat menyumbat pembuluh arteri koroner dan menyebabkan serangan jantung. Mengonsumsi beras merah,dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol.Ketika kadar kolesterol dapat terkendali, maka kesehatan jantung akan meningkat.

6. Membuat kulit lebih sehat

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam beras merah, juga dapat dirasakan manfaatnya untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan ini dapat mencegah kulit dari penuaan dini serta mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Jika rutin mengonsumsi beras merah, kesehatan kulit akan terjaga dan penampilan Anda juga terlihat lebih sehat dan segar.

Baca juga: Awas! 7 Hal ini Jadi Pemicu Munculnya Panu

7. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler

Perlu diketahui, penyakit kardiovaskuler adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh gangguan kesehatan pada pembuluh darah dan jantung. 

Kandungan gizi pada beras merah dinilai mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat dalam darah sehingga pembuluh darah tidak akan tersumbat. Agar resikonya semakin kecil, Anda juga dapat melakukan olahraga kardio di rumah.

Ingin tahu lebih banyak tentang apa saja makanan yang sehat untuk kesehatan tubuh Anda selain beras merah? Anda bisa berkonsultasi melalui layanan telekonsultasi CarePro. Download aplikasi CarePro secara gratis untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini. Tim medis kami siap membantu keluhan Anda!


REFERENSI

Web MD (2022). Brown Rice: Health Benefits, Nutrition Facts, and How to Prepare It. Diakses pada 14 Mei 2024.

Healthline (2018). Is Brown Rice Good for You?. Diakses pada 14 Mei 2024.

Verywell Health (2023). What’s Healthy About Brown Rice?. Diakses pada 14 Mei 2024.

Health (2023). Health Benefits of Brown Rice. Diakses pada 14 Mei 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada