Apakah Penyakit Vertigo bisa Sembuh Total?

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Pernahkah Anda merasa pusing seakan benda sekeliling terasa berputar? Jika pernah, maka perlu hati-hati, sebab bisa jadi Anda mengalami vertigo.

Pernahkah Anda merasa pusing seakan benda sekeliling terasa berputar? Jika pernah, maka perlu hati-hati, sebab bisa jadi Anda mengalami vertigo.

Setiap orang yang mengalami vertigo biasanya memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Sehingga perlu penanganan yang tepat untuk menurunkan risiko yang lebih parah. Lantas, apakah vertigo sendiri dapat disembuhkan secara total? Simak ulasan berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Apa itu Vertigo?

Vertigo adalah gangguan yang menyebabkan sensasi pusing yang intens dan seringkali sangat mengganggu. Sensasi ini dapat terjadi tanpa adanya gerakan fisik, atau bisa disebabkan oleh gerakan kepala yang ringan. Orang yang mengalami vertigo mungkin merasakan seolah-olah lingkaran atau lingkaran berputar di sekitar mereka, atau bahwa lingkungan sekitar mereka bergerak atau miring, meskipun itu tidak benar.

Pusat keseimbangan tubuh manusia terletak di dalam telinga dalam, di area yang disebut labirin. Labirin mengatur persepsi tubuh terhadap gerakan dan posisi. Vertigo sering kali disebabkan oleh gangguan dalam labirin atau oleh masalah dengan saraf yang mengirimkan sinyal dari labirin ke otak.

Salah satu penyebab paling umum dari vertigo adalah penyakit Meniere, yang melibatkan penumpukan cairan di dalam telinga dalam. Gejala vertigo tidak hanya mencakup sensasi pusing, tetapi juga dapat menyertai mual, muntah, dan ketidakseimbangan. Seringkali, gejala ini dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang, membuat aktivitas sehari-hari seperti berjalan atau mengemudi menjadi sulit.

Baca juga: 7 Jenis Sayuran perlu Dihindari Penderita Hipertensi

Jenis Vertigo dan Penyebabnya

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu memahami terlebih dulu jenis-jenis dan penyebab vertigo. Umumnya, vertigo sendiri disebabkan oleh gangguan cara kerja telinga bagian dalam yang mengatur keseimbangan tubuh. Namun, dua jenis vertigo ternyata masing-masing memiliki penyebab yang berbeda, diantaranya sebagai berikut: 

1. Vertigo perifer

Vertigo perifer adalah jenis vertigo yang umum terjadi. Jenis vertigo ini disebabkan oleh adanya gangguan pada telinga bagian dalam, seperti benign paroxysmal positional vertigo(BPPV),labirinitis, penyakit Meniere, dan sebagainya.

2. Vertigo sentral

Vertigo sentral adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh gangguan di otak atau sistem saraf otak, terutama pada bagian batang otak dan otak kecil (serebelum).

Selain itu, ada beberapa faktor pemicu lain terjadinya vertigo, seperti usia, mengalami cedera pada bagian kepala, mengalami stres berat, kebiasaan merokok, sering mengonsumsi alkohol, hingga riwayat keluarga.

Gejala Vertigo

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain merasa pusing dan ada sensasi berputar, vertigo juga memiliki gejala lain, seperti:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Mengeluarkan keringat berlebih.
  • Gangguan pendengaran.
  • Penglihatan terasa berbayang.
  • Kesulitan berbicara.

Vertigo yang parah bisa ditandai dengan:

  • Kesulitan bernapas.
  • Respon yang melambat.
  • Penurunan kesadaran.
  • Demam.
  • Kesulitan bergerak.

Apakah Vertigo dapat Disembuhkan Secara Total?

Ada berbagai cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi vertigo. Namun, apakah pengobatan tersebut bisa menyembuhkan vertigo dengan total?

Dilansir dari Entorlando The Ear, Nose, Throat, and Plastics Surgery Associates, Dokter menjelaskan, vertigo bukan suatu gangguan yang bisa disembuhkan secara total, namun lebih tepatnya vertigo dapat dikelola dan diobati secara efektif. 

Pada faktanya, vertigo bisa hilang dengan sendirinya. Kondisi ini bisa diatasi dengan istirahat yang cukup. Namun, ada juga kondisi vertigo yang tidak kunjung sembuh atau sudah memasuki tahap yang parah. Dalam kondisi ini perlu bantuan medis untuk penanganannya. Beberapa pengobatan yang biasanya dilakukan, seperti:

  1. Memberikan obat vertigo agar pasien merasa lebih nyaman dan mengurangi rasa mual.
  2. Pemberian antibiotik atau steroid untuk mengurangi pembengkakan dan penyembuhan infeksi telinga.
  3. jika penyebabnya adalah BPPV, bisa dilakukan manuver kepala sederhana.
  4. Melakukan terapi fisik untuk memperkuat sistem vestibular.
  5. Jika vertigo disebabkan oleh tumor atau cedera berat, perlu bantuan penanganan operasi.

Nah, berikut tadi adalah penjelasan mengenai gangguan vertigo, dari mulai penyebab hingga pengobatan. Jangan lupa lakukan perawatan dan menjalani gaya hidup yang sehat. Mulailah untuk rutin berolahraga dan membatasi asupan garam agar tidak terjadi vertigo secara berulang.

Baca juga: Dokter Panggilan Terdekat dari Rumah Anda (Tersedia 24 Jam)

CarePro dapat membantu Anda untuk mendapatkan pemeriksaan vertigo di rumah dengan aman dan nyaman melalui layanan dokter visit. Anda juga dapat melakukan konsultasi dokter online terlebih dahulu untuk melakukan langkah perawatan selanjutnya.

Layanan Telekonsultasi Care Pro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro secara gratis untuk pesan layanan kesehatan yang Anda butuhkan hari ini. Tim medis kami siap membantu keluhan Anda!


REFERENSI

Cleveland Clinic (2023). Vertigo: Symptoms, Causes & Treatment. Diakses pada 15 Mei 2024.

Healthline (2019). How Long Does Vertigo Last?. Diakses pada 15 Mei 2024.

Halodoc (2023).Apakah Penyakit Vertigo Bisa Disembuhkan Secara Total?. Diakses pada 15 Mei 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada