5 Penyakit ini Disebabkan oleh Sirkulasi Darah yang Tidak Lancar, Hati-hati!

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Ada beberapa gejala jika Anda mengalami gangguan sirkulasi darah yang tidak lancar, berikut ini tanda-tandanya.

Jika diibaratkan air  mengalir melalui pipa, darah mengalir melalui pembuluh darah di tubuh Anda. Proses ini terus dilakukan untuk memastikan sel-sel tubuh menerima oksigen dan nutrisi dari makanan dan minuman. Sehingga sel-sel dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. 

Namun, pada sebagian orang, peredaran darah bisa jadi menjadi tidak lancar. Kondisi ini tentu dapat menimbulkan gejala negatif untuk kesehatan. Lantas , apa bahaya jika sirkulasi darah menjadi tidak lancar? Simak ulasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya: Ajaibnya Tanaman yang Menyembuhkan

Tanda Gangguan Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Ada beberapa gejala jika Anda mengalami gangguan sirkulasi darah yang tidak lancar. Dilansir dari Healthline dan Diabetes UK, berikut ini tanda-tandanya:

  • Rambut rontok
  • Sering mengalami kesemutan
  • Beberapa bagian tubuh gampang mati rasa
  • Kulit lebih pucat
  • Kuku jadi mudah rapuh
  • Mengalami disfungsi ereksi atau susah ereksi
  • Kulit mudah kering dan pecah-pecah
  • Luka susah untuk sembuh
  • Gampang kram otot
  • Sakit dan nyeri di beberapa bagian tubuh

Perlu diketahui, jika gejala gangguan peredarah darah tak lancar umumnya berdasarkan penyebabnya.

Baca juga: Sariawan Tak Kunjung Sembuh: Bisa jadi Pertanda Penyakit Lain?

Penyakit Akibat Gangguan Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Gangguan peredaran darah umumnya terjadi pada seseorang yang bertahan di posisi yang sama dalam waktu yang lama. Namun, kondisi ini bisa juga terjadi karena kondisi kesehatan atau penyakit tertentu.

Berikut ini ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah, diantaranya:

1. Vena Varikosa

Kondisi yang lebih dikenal dengan varises ini, dapat terjadi ketika tekanan darah naik dan merusak dinding serta katup pembuluh darah vena.

Pembuluh ini memiliki katup kecil yang rutin membuka dan menutup untuk menjaga aliran darah tetap lancar. Jika katup tersebut rusak, maka aliran darah menjadi tidak lancar dan berkumpul di pembuluh darah vena. Hal tersebut yang akhirnya menyebabkan pembengkakan.

2. Diabetes

Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf, pembuluh darah, hingga berpengaruh pada sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Tanda paling umum dari sirkulasi darah tidak lancar pada penderita diabetes adalah memiliki luka di kulit yang lama sembuh. Kondisi ini dapat terjadi karena darah tidak bisa memberikan nutrisi pada area tersebut.

3. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud adalah penyakit yang terjadi ketika pembuluh darah di jari kaki dan tangan menyempit ketika tubuh mengalami stres atau kedinginan, sehingga mengakibatkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

Akibat penyakit ini, sirkulasi darah yang tidak lancar membuat kulit menjadi pucat dan biru. Penderita juga rentang mengalami luka dan kematian jaringan di daerah yang mengalami gangguan sirkulasi.

4. Penyakit arteri perifer

Terakhir, ada penyakit arteri perifer atau peripheral artery disease (PAD) yang disebabkan oleh penumpukan lemak di dalam dinding arteri perifer pada kaki. Akibatnya, arteri menjadi sempit dan aliran darah ke otot menjadi berkurang.

Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri ringan hingga berat. Selain itu, PAD juga rentang terjadi pada orang yang lanjut usia, perokok aktif, sindrom metabolik, jantung koroner, stroke, diabetes, hingga hipertensi.

5. Aterosklerosis dan Penyakit Arteri Koroner

Aterosklerosis atau pengerasan arteri, terjadi ketika plak menumpung di dinding arteri dan akhirnya menghalangi aliran darah. Plak tersebut terbentuk dari lemak, kolesterol, kalsium.

Nah, penumpukan plak tersebut akan mengakibatkan arteri menyempit dan mengeras, itulah yang disebut penyakit arteri koroner. Hal ini sangat berisiko membuat bekuan darah menyumbah arteri.

Berikut tadi adalah beberapa penyakit yang menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Apabila Anda sering merasakan gejala-gejala sirkulasi darah tidak lancar, segera konsultasikan diri ke dokter atau medis untuk mengetahui penyebabnya dan segera mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Baca juga: Sering Diabaikan, 7 Kebiasaan Buruk ini Ternyata Bisa jadi Pemicu Stroke

Anda dapat melakukan konsultasi dokter online terlebih dahulu untuk melakukan langkah perawatan selanjutnya. Dokter homecare Care Pro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro secara gratis untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini. Tim medis kami siap membantu keluhan Anda!


REFERENSI

Cleveland Clinic (2021). Poor Circulation. Diakses pada 26 April 2024

Holland, K. Healthline (2023). Symptoms and Causes of Poor Circulation in the Arms and Legs. Diakses pada 26 April 2024.

WebMD (2022). How to Improve Your Circulation. Diakses pada 26 April 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada