Peran Perawat Lansia, Bukan Sekadar Memberi Perawatan

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Ketahui peran perawat lansia berikut, dan pahami bahwa mereka bukan hanya sekadar memberi perawatan untuk lansia yang Anda cintai.

Peran perawat lansia sering kali dianggap sebatas memberikan perawatan medis dan membantu aktivitas sehari-hari. Namun, kenyataannya, profesi ini memiliki dimensi yang jauh lebih luas dan mendalam. 

Perawat lansia tidak hanya bertanggung jawab dalam aspek kesehatan fisik, tetapi juga berperan penting dalam mendukung kesehatan mental dan emosional para lansia. 

Mereka menjadi sahabat, pendengar setia, dan pendukung utama dalam menghadapi berbagai hal dalam hidup di usia senja. 

Artikel ini mengulas secara mendetail bagaimana peran perawat lansia melebihi tugas-tugas perawatan dasar, serta pentingnya peran ini untuk para lansia dalam kehidupan sehari-hari.

Peran Perawat Lansia, Sahabat di Masa Tua

freepik.com

Perawat lansia memainkan peran yang jauh lebih dalam daripada sekadar memberikan perawatan medis atau bantuan fisik. 

Mereka sering kali menjadi sahabat sejati bagi para lansia, terutama bagi mereka yang mungkin merasa kesepian. 

Melansir Betterteam, perawat lansia memberikan perawatan di rumah mereka serta di bawah bimbingan dokter. Mereka akan memantau kondisi kesehatan lansia. 

Memberikan Dukungan Emosional

Perawat lansia memahami bahwa lansia tidak hanya membutuhkan bantuan fisik, tetapi juga dukungan emosional. 

Mereka mendengarkan cerita, keluhan, dan kenangan para lansia, memberikan perhatian penuh dan menunjukkan empati. 

Dukungan emosional ini membantu lansia merasa dihargai dan dipahami, mengurangi perasaan kesepian dan depresi yang sering terjadi di usia tua.

Membangun Hubungan yang Mendalam

Seiring berjalannya waktu, perawat lansia dan lansia sering kali membangun hubungan yang mendalam dan penuh kepercayaan. 

Perawat menjadi orang yang akrab dengan rutinitas, kebiasaan, dan preferensi lansia, memungkinkan mereka memberikan perawatan yang lebih personal dan efektif. 

Mengurangi Rasa Kesepian

Banyak lansia merasa kesepian akibat berkurangnya mobilitas atau kehilangan teman sebaya. Perawat lansia berperan sebagai teman dan juga sahabat, mengajak para lansia berpartisipasi dalam kegiatan sosial, baik di dalam rumah maupun di luar. 

Aktivitas ini termasuk berjalan-jalan, menghadiri acara, atau sekadar menghabiskan waktu bersama di taman. Interaksi sosial ini sangat penting untuk kesehatan mental dan emosional lansia.

Memberikan Kenyamanan dan Ketenangan

Perawat lansia sering kali menjadi sumber kenyamanan dan ketenangan bagi lansia. Mereka tidak hanya membantu dalam aktivitas sehari-hari tetapi juga membuat lingkungan yang stabil dan penuh perhatian. 

Keberadaan perawat yang konsisten dan ramah membantu mengurangi kecemasan dan memberikan perasaan aman, terutama bagi lansia yang mungkin mengalami penurunan kognitif atau kondisi kesehatan kronis.

Memberikan Pendampingan di Masa Sulit

Di masa-masa sulit, seperti sakit serius atau kehilangan orang terkasih, perawat lansia memainkan peran penting dalam memberikan dukungan emosional dan fisik. 

Mereka membantu lansia melalui masa-masa ini dengan memberikan pendampingan yang tulus, membantu mereka mengatasi kesedihan dan stres. 

Kehadiran seorang perawat yang penuh perhatian dan empati dapat membuat perbedaan besar dalam proses penyembuhan emosional lansia.

Baca juga: 6 Terapi Sederhana untuk Mengatasi Stroke, Pulih jadi Lebih Cepat!

Pentingnya Perawatan Lansia

freepik.com

Perawat lansia merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan bagi siapa saja yang telah memasuki usia lanjut. 

Lansia memiliki kebutuhan khusus yang berbeda dari usia lainnya, dan perawatan yang tepat dapat memberikan dampak signifikan terhadap kondisi mereka secara keseluruhan. 

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya perawatan lansia:

Menjaga Kesehatan Fisik

Lansia sering kali menghadapi berbagai masalah kesehatan fisik, seperti penyakit kronis (diabetes, hipertensi, arthritis), penurunan fungsi fisik, dan masalah mobilitas. 

Perawatan yang baik membantu dalam pengelolaan kondisi-kondisi ini melalui pemantauan rutin, pemberian obat yang tepat, serta terapi fisik yang diperlukan. Hal ini membantu mencegah komplikasi lebih lanjut dan meningkatkan kapasitas fungsional lansia.

Mendukung Kesehatan Mental dan Emosional

Seiring bertambahnya usia, banyak lansia mengalami perubahan dalam kondisi mental dan emosional, termasuk peningkatan risiko depresi, kecemasan, dan demensia. 

Dukungan dari perawat atau pengasuh yang terlatih dapat membantu mengatasi tantangan ini melalui interaksi sosial, aktivitas kognitif, dan dukungan emosional. 

Ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan mental dan emosional serta meningkatkan kualitas hidup lansia.

Mengurangi Beban Keluarga

Banyak keluarga yang merawat lansia mengalami tekanan emosional dan fisik yang besar. Perawat lansia dapat membantu mengurangi beban ini dengan memberikan perawatan profesional dan mendukung keluarga dalam mengatur kebutuhan lansia. 

Ini memungkinkan anggota keluarga untuk memiliki waktu istirahat dan tetap menjaga hubungan yang harmonis dengan lansia.

Memberikan Rasa Aman dan Nyaman

Perawat lansia yang profesional dan penuh kasih sayang memberikan rasa aman dan nyaman bagi lansia. Kehadiran perawat yang dapat diandalkan memberikan ketenangan pikiran bagi lansia dan keluarga.

Baca juga: Ini Perbedaan Caregiver dan Perawat

Bagaimana Mendapatkan Perawat Lansia?

Memilih perawat lansia yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan bahwa kebutuhan khusus lansia terpenuhi dengan baik.

Nah, untuk mempermudah proses pencarian perawat lansia, Anda dapat mengunduh aplikasi CarePro di Play Store atau App Store. 

Aplikasi ini dirancang untuk membantu Anda menemukan perawat lansia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan aplikasi CarePro, Anda dapat melakukan transaksi tanpa melalui admin, jadi Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan tenaga kesehatan yang ada.

Tenang saja, semua tenaga kesehatan yang bermitra dengan CarePro telah bersertifikasi, memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Selain perawat, aplikasi ini menyediakan beberapa macam layanan kesehatan, seperti perawat visit, perawat live in, dokter visit, telekonsultasi, caregiver live in, caregiver visit, dan fisioterapi.

Referensi

Betterteam (2021). Home Care Nurse Job Description. Diakses pada 22 Juni 2024

Life Circle (2018). Role of a nurse in elderly home care. Diakses pada 22 Juni 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id