Keuntungan Menggunakan Caregiver untuk Pasien Demensia

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Merawat pasien demensia memang terkadang terasa susah, inilah kenapa jasa caregiver hadir untuk Anda. Simak keuntungan menggunakan caregiver untuk pasien demensia berikut!

Ketika seseorang yang Anda sayangi didiagnosis dengan demensia, membayangkan untuk merawatnya mungkin terasa berat, karena bukan hanya ingatan mereka yang terganggu, tetapi juga kemampuan mereka untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Dalam kondisi ini, memiliki seorang caregiver profesional tentu bisa sangat membantu. Caregiver tidak hanya memastikan kebutuhan medis terpenuhi, tapi juga memberikan dukungan emosional yang orang tersayang Anda butuhkan. 

Dengan adanya caregiver, Anda bisa lebih tenang karena tahu orang tercinta Anda mendapatkan perawatan terbaik, sementara Anda bisa lebih fokus pada diri Anda sendiri. Kali ini CarePro membahas 10 keuntungan menggunakan jasa caregiver untuk pasien demensia. Simak sekarang, yuk!

Apa itu Demensia?

freepik.com

Melansir salah satu artikel WHO, demensia adalah sindrom yang dapat disebabkan oleh sejumlah penyakit yang seiring berjalannya waktu menghancurkan sel-sel saraf dan merusak otak, yang biasanya menyebabkan kemunduran fungsi kognitif (yaitu kemampuan untuk memproses pemikiran) di luar apa yang dapat diharapkan dari akibat penuaan biologis yang biasa terjadi.

Dengan kata lain, demensia merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif, seperti ingatan, pemikiran, dan kemampuan sosial, yang cukup parah hingga memengaruhi kehidupan sehari-hari. 

Demensia bukanlah suatu penyakit tunggal, melainkan istilah umum yang mencakup berbagai kondisi, termasuk penyakit Alzheimer, yang merupakan bentuk paling umum dari demensia. 

Mengutip Mayo Clinic, demensia disebabkan oleh kerusakan atau hilangnya sel-sel saraf dan koneksinya di dalam otak. Gejalanya tergantung pada area otak yang mengalami kerusakan dan demensia dapat mempengaruhi orang secara berbeda.

Gejala-gejala demensia dapat bervariasi, namun biasanya melibatkan kebingungan, disorientasi, kesulitan berkomunikasi, dan perubahan perilaku.

Baca juga: 10 Tugas Utama Caregiver yang Wajib Anda Ketahui

10 Keuntungan Menggunakan Caregiver untuk Pasien Demensia

freepik.com

Menghadapi kondisi demensia pada orang terdekat Anda memang tidak mudah. Peran caregiver menjadi sangat penting untuk memastikan perawatan yang optimal bagi pasien. 

Berikut 10 keuntungan menggunakan caregiver untuk pasien demensia:

Perawatan Khusus dan Terfokus

Caregiver profesional memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam merawat pasien demensia. Mereka memahami kebutuhan unik pasien dan memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Dukungan Emosional

Selain perawatan fisik, caregiver juga memberikan dukungan emosional. Mereka membantu pasien merasa lebih tenang dan nyaman, serta menjadi pendamping yang sabar dalam menghadapi perubahan suasana hati yang mungkin terjadi.

Bantuan dengan Aktivitas Sehari-hari

Caregiver membantu pasien dalam menjalani aktivitas sehari-hari seperti mandi, berpakaian, makan, dan minum. Ini sangat penting karena pasien demensia seringkali kesulitan melakukan tugas-tugas ini sendiri.

Pengawasan yang Konsisten

Dengan adanya caregiver, pasien mendapatkan pengawasan yang konsisten sepanjang waktu. Ini membantu mencegah kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan, terutama saat pasien mengalami kebingungan atau disorientasi.

Pemberian Obat yang Tepat

Caregiver memastikan bahwa pasien mendapatkan obat sesuai jadwal dan dosis yang benar. Mereka juga memantau efek samping yang mungkin muncul, sehingga kesehatan pasien tetap terjaga.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Perawat Homecare untuk Pasien Diabetes

Dukungan untuk Keluarga

Caregiver tidak hanya membantu pasien, tetapi juga memberikan dukungan kepada keluarga. Mereka membantu meringankan beban fisik dan emosional yang dirasakan oleh anggota keluarga yang merawat pasien.

Aktivitas Stimulatif

Caregiver seringkali mengajak pasien untuk melakukan aktivitas yang merangsang kognitif dan fisik, seperti bermain permainan sederhana atau berjalan-jalan. Ini membantu menjaga kemampuan mental dan fisik pasien.

Pengetahuan tentang Perkembangan Penyakit

Caregiver profesional memiliki pengetahuan mendalam tentang perkembangan penyakit demensia. Mereka bisa memberikan informasi dan edukasi kepada keluarga mengenai apa yang bisa diharapkan dan bagaimana cara terbaik merespon perubahan kondisi pasien.

Kenyamanan di Rumah

Banyak pasien demensia yang merasa lebih nyaman dan aman berada di rumah mereka sendiri. Caregiver memungkinkan pasien tetap tinggal di lingkungan yang akrab, yang bisa membantu mengurangi kecemasan dan kebingungan.

Penyesuaian Rencana Perawatan

Caregiver mampu menyesuaikan rencana perawatan berdasarkan perkembangan kondisi pasien. Mereka memantau perubahan kesehatan dan kebutuhan pasien, lalu menyesuaikan perawatan agar tetap optimal.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Perawat Medis, Anda Wajib Tahu!

Bagaimana Menemukan Caregiver Profesional?

freepik.com
  1. Tentukan Kebutuhan Anda

Identifikasi kebutuhan spesifik pasien, seperti bantuan medis, emosional, atau aktivitas sehari-hari.

  1. Cari Rekomendasi

Mintalah rekomendasi dari teman, keluarga, atau dokter yang Anda percayai.

  1. Gunakan Agen Perawatan

Pertimbangkan menggunakan agen perawatan yang terpercaya untuk mendapatkan caregiver yang telah disaring dan dilatih.

  1. Wawancara Kandidat

Lakukan wawancara mendalam untuk menilai pengalaman, pelatihan, dan pendekatan mereka dalam merawat pasien demensia.

  1. Periksa Referensi dan Latar Belakang

Selalu periksa referensi, sertifikasi, dan catatan kriminal calon caregiver.

  1. Pertimbangkan Budget

Pastikan biaya layanan sesuai dengan anggaran Anda dan pertimbangkan opsi pembayaran yang fleksibel.

  1. Libatkan Pasien dalam Proses

Libatkan pasien dalam pemilihan caregiver untuk memastikan kenyamanan mereka.

Baca juga: 10 Tips Memilih Caregiver Visit untuk Merawat Orang Tersayang

Menghadapi demensia memang membutuhkan perawatan khusus dan dukungan emosional yang tepat. Dengan menggunakan caregiver profesional, Anda dapat memastikan mereka mendapatkan perawatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. 

Dari bantuan aktivitas sehari-hari hingga dukungan medis, caregiver memberikan manfaat yang sangat berharga bagi Anda dan orang tercinta. 

Nah, untuk memastikan Anda mendapatkan layanan caregiver homecare terbaik, gunakan aplikasi CarePro

CarePro membantu Anda menemukan caregiver profesional yang telah diseleksi dengan cermat dan dilengkapi dengan kemampuan yang mumpuni untuk merawat pasien demensia. 

Dengan fitur pencarian yang mudah, CarePro adalah solusi terpercaya untuk kebutuhan homecare Anda. Unduh aplikasi CarePro sekarang dan pastikan orang tercinta Anda mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan dan layak!

Referensi

World Health Organization (2023). Dementia. Diakses pada 9 Agustus 2024

Mayo Clinic. Dementia. Diakses pada 9 Agustus 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada