Ketahui 7 Strategi Ampuh Menjaga Organ Pernapasan agar Tetap Sehat

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

tubuh sebenarnya memiliki sistem pertahanan alami untuk melindungi paru-paru beserta organ pernapasan lainnya. Namun, Anda juga perlu melakukan kebiasaan sehat tertentu untuk lebih menjaga kesehatan organ pernapasan agar dapat bekerja secara optimal

Menjaga kesehatan organ pernapasan adalah hal yang penting agar terhindar dari sejumlah kondisi yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan.Sebab, jika tidak dijaga dengan baik, kerusakan sistem pernapasan membuat Anda akan kesulitan untuk bernapas.

Lantas, bagaimana cara menjaga organ pernapasan yang baik? Simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Cara efektif menjaga organ pernapasan

Perlu diketahui bahwa tubuh sebenarnya memiliki sistem pertahanan alami untuk melindungi paru-paru beserta organ pernapasan lainnya. Namun, Anda juga perlu melakukan kebiasaan sehat tertentu untuk lebih menjaga kesehatan organ pernapasan agar dapat bekerja secara optimal, bahkan hingga usia lanjut.

1. Berolahraga untuk melatih pernapasan

Melakukan olahraga secara teratur merupakan cara efektif untuk memelihara organ pernapasan. Ketika berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan paru-paru bekerja lebih keras. Tubuh pun akan membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengisi otot. Dengan begitu, paru-paru akan meningkatkan aktivitasnya untuk mengirimkan oksigen sambil mengeluarkan karbon dioksida tambahan.

Selain baik untuk organ pernapasan, olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

2. Hentikan kebiasaan merokok

Anda pasti pernah mendengar bahwa merokok selalu dikaitkan dengan sebagain besar penyakit pernapasan. Hal itu memang benar, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), meliputi bronkitis, kronis, dan emfisema.

Setiap Anda menghisap asam rokok, terdapat ribuan partikel bahan kimia juga yang masuk ke dalam paru-paru, seperti nikotin, karbon monoksida, dan tar. Asap rokok ini dapat menghancurkan jaringan paru-paru dan dapat memicu perubahan yang dapat tumbuh menjadi kanker.

Selain itu, rokok juga dapat meningkatkan lendir, mempersulit paru-paru dalam membersihkan secara alami, serta secara bertahap dapat menyempitkan saluran udara yang membuat Anda kesulitan untuk bernapas.

Apabila Anda adalah seorang perokok, lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut agar tidak menimbulkan gangguan pernapasan yang lebih parah.

3. Mencegah infeksi

Beberapa gangguan pernapasan seperti pilek atau yang lainnya dapat terjadi karena infeksi. Agar terhindar dari infeksi pernapasan tersebut, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Menjaga kebersihan hidung dan mulut dengan baik.
  2. Rutin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer agar tehindar dari bakteri tertentu.
  3. Hindari menyentuh area wajah apabila belum mencuci tangan.
  4. Minum air yang cukup dan konsumsi buah serta sayura agar tubuh tetap ternutrisi dengan baik.
  5. Melakukan vaksinasi yang dibutuhkan.

4. Menghindari paparan polutan udara

Polutan udara adalah suatu gangguan yang sering ditemui. Tahukah Anda? Terlalu sering menghirup peutan udara ternyata dapat merusak paru-paru dan mempercepat penuaan. Ketika masih muda dan kuat, paru-paru secara alami memang dapat menahan racun dalam polutan ini. 

Namun, semakin bertambahnya usia seseorang, organ pernapasanan akan kehilangan sebagian dari resistensi sehingga membuat paru-paru rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Guna menghindari hal ini, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Menggunakan masker setiap berpergian.
  2. Membersihkan furnitur di rumah Anda setidaknya seminggu sekali.
  3. Membuka jendela sesering mungkin untuk meningkatkan ventilasi udara di dalam ruangan.
  4. Hindari menggunakan produk penyegar udara, seperti sintetis dan lilin. Sebab hal itu dapat membuat Anda terpapar bahan kimia tambahan, seperti formaldehida dan benzena.

5. Latihan pernapasan dalam

Malakukan pernapasan dalam dapat membantu membersihkan paru-paru dan menciptakan pertukaran oksigen secara penuh. 

Apabila Anda ingin berlatih pernapasan dalam, berikut ini terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Duduk di tempat yang tenang dengan posisi yang benar kemudian tarik napas melalui hidung secara perlahan-lahan.
  2. Buang napas setidaknya dua kali lebih lama melalui mulut. Agar mudah, tambahkan hitungan, seperti saat menarik napas, hitungan 1-2-3-4. Kemudian saat Anda mengeluarkan napas, hitung 1-2-3-4-5-6-7-8.
  3. Lakukan hal ini selama beberapa kali.

6. Melakukan kebiasaan tertawa

Tertawa ternyata dapat memelihara organ pernapasan dengan baik. Sebab, tertawa baik untuk membantu meningkatkan jumlah udara yang dihirup paru-paru dan melatih otot perut.

Sama seperti olahraga, tertawa yang baik akan menghilangkan udara pengap, sehingga dapat memberi ruang bagi udara segar untuk menjangkau lebih banyak bagian di paru-paru.

7. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Mengonsumsi air bukan hanya mencegah tubuh agar tehindar dari dehidrasi saja, namun juga dapat menjadi salah satu cara untuk merawat organ pernapasan.

Air dapat menjaga lapisan mukosa di paru-paru tetap tipis. Lapisan inilah yang dapat membantu paru-paru berfungsi dengan baik.Air juga dapat membuat lendir atau mukus di sepanjang saluran pernapasan agar tetap encer. Tujuannya, agar lendir tersebut tidak menyumbat saluran pernapasan.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai perawatan di rumah, Anda dapat langsung menggunakan layanan Care Pro. Care Pro menyediakan jasa Caregiver Live In, Caregiver Visit, Dokter Visit, Fisioterapi, Perawat Live In, Perawat Visit, dan Telekonsultasi yang berpengalaman dan profesional.Download aplikasinya disini.


Referensi

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada