Konsumsi Buah Jeruk Dapat Memicu GERD Lebih Parah? Ini Penjelasannya

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Beberapa makanan dan minuman diketahui dapat memicu atau memperparah gejala GERD. Salah satu makanan yang sering dikaitkan dengan GERD adalah buah jeruk. Berikut CarePro akan membahas secara lengkap mengenai hubungan buah jeruk dan GERD, yuk, simak!

Beberapa makanan dan minuman diketahui dapat memicu atau memperparah gejala GERD. Salah satu makanan yang sering dikaitkan dengan GERD adalah buah jeruk.

Sebab, beberapa orang yang menderita GERD mungkin khawatir bahwa konsumsi buah jeruk dapat memicu gejala GERD lebih parah. Benarkah hal tersebut bisa terjadi? Berikut CarePro akan membahas secara lengkap mengenai hubungan buah jeruk dan GERD, yuk, simak!

Apa itu GERD?

Sebelum kita membahas hubungan antara buah jeruk dan GERD, mari kita pahami lebih dalam tentang apa itu GERD?

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi medis yang dapat menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar di dada, regurgitasi asam lambung, dan sakit tenggorokan. Gangguan ini terjadi ketika katup antara kerongkongan dan lambung, yang disebut sfingter esofagus bawah, melemah atau tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan, yang dapat menyebabkan iritasi dan gejala yang tidak nyaman.

Baca juga: 7 Jenis Penyakit Autoimun yang Sering Terjadi

Penyebab GERD

Penyebab GERD bisa berbeda untuk setiap individu. Mengidentifikasi faktor pemicu yang menyebabkan gejala GERD dapat membantu mengelola kondisi ini dengan lebih efektif. Beberapa penyebab GERD meliputi:

1. Kelemahan Katup Esofagus Bawah (LES)

LES adalah cincin otot di antara esofagus dan lambung yang berfungsi sebagai katup untuk mencegah kembali naiknya asam lambung ke esofagus. Jika LES melemah atau tidak berfungsi dengan baik, asam lambung dapat naik ke esofagus, menyebabkan gejala GERD.

2. Hernia Hiatal

Hernia hiatal terjadi ketika bagian atas lambung menonjol melalui bukaan diaphragma (hiatus) ke dalam rongga dada. Ini dapat menyebabkan LES berfungsi tidak optimal, sehingga meningkatkan risiko refluks asam.

3. Diet dan Gaya Hidup

Konsumsi makanan atau minuman tertentu seperti makanan pedas, berlemak, atau asam, minuman berkafein, alkohol, serta merokok dapat merangsang produksi asam lambung dan melemahkan LES.

4. Obesitas

Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan tekanan pada perut dan memaksa isi lambung untuk kembali naik ke esofagus.

5. Kehamilan

Selama kehamilan, perubahan hormonal dan tekanan dari janin berkembang dapat memengaruhi fungsi LES, sehingga meningkatkan risiko refluks asam.

6. Kondisi Medis Lainnya

Beberapa kondisi medis seperti skleroderma, sindrom Zollinger-Ellison, dan kondisi neurologis tertentu dapat menyebabkan GERD dengan cara yang berbeda.

Efek Konsumsi Buah Jeruk pada GERD

Buah jeruk seringkali dihubungkan dengan GERD alasannya karena kandungan asamnya. Buah jeruk mengandung asam sitrat, asam askorbat (vitamin C), dan asam malat. Sifat asam ini dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung hingga menyebabkan gejala-gejala GERD.

Beberapa gejala biasanya akan semakin terasa berat ketika penderita GERD makan jeruk dalam kondisi perut kosong. Hal ini karena tidak adanya makanan lain sebagai penetralisir rasa asam di lambung.

Meskipun buah jeruk mengandung asam, bukan berarti semuanya sama untuk semua orang yang memiliki GERD. Setiap individu dapat merasakan reaksi yang berbeda terhadap makanan tertentu.

Beberapa orang mungkin menemukan bahwa mengkonsumsi buah jeruk memperburuk gejala GERD mereka, sementara yang lain mungkin tidak merasakan perubahan yang signifikan

Baca juga: Pahami Tanda-tanda Terjadinya Serangan Panik, Awas Jangan Keliru!

Tips Konsumsi Jeruk untuk Penderita GERD

Jika Anda memiliki GERD dan ingin tetap menikmati buah jeruk, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko gejala yang memburuk:

  1. Pilih buah  jeruk yang lebih matang. Buah jeruk yang lebih matang cenderung memiliki kadar asam yang lebih rendah.
  2. Perhatikan jumlah yang akan dikonsumsi. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi buah jeruk. Jumlah kecil mungkin lebih mudah ditoleransi.
  3. Hindari makan buah jeruk ketika malam hari. Menghindari konsumsi buah jeruk menjelang tidur dapat membantu mencegah refluks asam selama tidur.
  4. Perhatikan reaksi tubuh Anda.  Setiap individu berbeda, jadi penting untuk memperhatikan bagaimana tubuh Anda merespons buah jeruk. Jika Anda merasa gejala GERD memburuk setelah mengonsumsinya, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghindari buah jeruk sepenuhnya.

Tidak semua orang dengan GERD akan merasakan efek buruk setelah mengonsumsi buah jeruk. Namun, buah jeruk mengandung asam yang dapat memicu reaksi pada beberapa individu. Jika Anda memiliki GERD dan ingin tetap menikmati buah jeruk, penting untuk mengamati bagaimana tubuh Anda merespons dan mengambil langkah-langkah untuk mengelola konsumsi Anda secara bijak. Jika gejala GERD Anda memburuk, konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan Anda untuk saran lebih lanjut.

CarePro dapat membantu Anda untuk mendapatkan pemeriksaan GERD di rumah dengan aman dan nyaman. Anda juga dapat melakukan konsultasi dokter online terlebih dahulu untuk melakukan langkah perawatan selanjutnya. Layanan Telekonsultasi Care Pro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro secara gratis untuk pesan layanan kesehatan yang Anda butuhkan hari ini. Tim medis kami siap membantu keluhan Anda!


REFERENSI

Klik Dokter (2019). Bolehkah Penderita Maag Makan Jeruk?. Diakses pada 13 Mei 2024.

The Surgical Clinic. What Foods To Avoid With GERD Symptoms and Acid Reflux. Diakses pada 13 Mei 2024.

Mayo Clinic (2020). Gastroesophageal reflux disease (GERD). Diakses pada 13 Mei 2024.

WebMD (2020). Common Causes of Acid Reflux Disease. Diakses pada 13 Mei 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id