Keuntungan Layanan Home Visit Perawat, Bebas Stres Privasi Aman

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Nikmati Kenyamanan dan keuntungan layanan Home Visit Perawat untuk Pemulihan Pasien Terbaik! Hubungi CarePro untuk dapatkan layanan terbaik.

Memiliki anggota keluarga yang sakit atau lansia yang membutuhkan perawatan khusus bisa menjadi beban tersendiri. Selain membutuhkan waktu dan tenaga, merawat orang sakit di rumah juga bisa menimbulkan stres. Layanan home visit perawat hadir sebagai solusi untuk meringankan beban Anda dan memberikan perawatan terbaik bagi orang tercinta di rumah. Ada sejumlah keuntungan layanan Home Visit Perawat yang dapat Anda dapatkan.

Apa itu Home Visit Dalam Keperawatan?

Source: Canva; Perawat sedang cek perkembangan kesehatan medis pasien di rumah

Dalam dunia keperawatan, home visit atau kunjungan rumah adalah layanan kesehatan dimana perawat mendatangi tempat tinggal pasien untuk memberikan perawatan tertentu, pemantauan kesehatan, atau evaluasi kondisi.

Ini berbeda dengan perawatan di rumah sakit  karena pasien bisa mendapatkan perawatan profesional di lingkungan yang familiar dan nyaman, yaitu rumah mereka sendiri.

Keuntungan Layanan Home Visit Perawat

Source: Canva; Perawat sedang membantu lansia untuk berjalan menaiki tangga

Berikut keuntungan layanan Home Visit Perawat :

1. Kenyamanan dan Privasi

Apa manfaat pelayanan home visit? Pertama adalah soal kenyamanan dan privasi. Pasien yang merasa nyaman dan rileks akan memiliki mental dan fisik yang lebih kuat untuk melawan penyakit. Keuntungan layanan Home Visit Perawat ini akan Anda dapatkan dengan mudah.

Berikut beberapa alasan mengapa pasien yang dirawat di rumah dengan layanan home visit perawat dapat merasakan kenyamanan dan privasi:

  • Berada di lingkungan yang familiar: Pasien tidak perlu beradaptasi dengan lingkungan baru yang asing dan penuh dengan orang asing. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pasien.
  • Kedekatan dengan keluarga: Pasien dapat dikelilingi oleh keluarga dan orang-orang tercinta selama proses pemulihan. Dukungan moral dari keluarga sangat penting untuk membantu pasien pulih lebih cepat.
  • Privasi yang terjaga: Pasien tidak perlu berbagi ruangan dengan pasien lain. Hal ini dapat membantu menjaga privasi pasien dan meningkatkan rasa nyamannya.
  • Rutinitas yang terjaga: Pasien dapat menjalankan rutinitas hariannya seperti biasa. Hal ini dapat membantu pasien merasa lebih normal dan terkendali.
  • Kebebasan untuk memilih: Pasien dapat memilih waktu dan jadwal perawatan sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini dapat membantu pasien merasa lebih bebas dan fleksibel.

2. Perawatan yang Dipersonalisasi

Perawat home visit dapat memberikan perawatan yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pasien. Perawatan ini bisa meliputi:

  • Pemberian obat
  • Perawatan luka
  • Fisioterapi
  • Terapi oksigen
  • Pemantauan kesehatan
  • Bantuan aktivitas sehari-hari

3. Hemat Biaya dan Waktu

Banyak keuntungan layanan Home Visit Perawat yang nantinya akan Anda dapatkan. Layanan home visit perawat menawarkan beberapa kelebihan menggunakan home visit dari sisi finansial dibandingkan dengan rawat inap di rumah sakit, antara lain:

  • Hemat Biaya Transportasi. Pasien tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bolak-balik ke rumah sakit, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Hal ini dapat menghemat biaya yang signifikan, terutama bagi pasien yang tinggal jauh dari rumah sakit.
  • Hemat Biaya Rawat Inap. Biaya rawat inap di rumah sakit bisa sangat mahal, terutama untuk pasien yang membutuhkan perawatan intensif. Layanan home visit perawat dapat membantu pasien menghemat biaya rawat inap karena pasien dapat dirawat di rumah.
  • Hemat Biaya Makan dan Minum. Di rumah sakit, pasien biasanya harus membayar biaya makan dan minum yang cukup mahal. Layanan home visit perawat memungkinkan pasien untuk makan dan minum makanan yang disediakan oleh keluarga, sehingga dapat menghemat biaya.
  • Hemat Biaya Penginapan. Bagi pasien yang berasal dari luar kota, mereka mungkin perlu mengeluarkan biaya penginapan selama menjalani perawatan di rumah sakit. Layanan home visit perawat memungkinkan pasien untuk tinggal di rumah, sehingga dapat menghemat biaya penginapan.
  • Hemat Biaya Pengobatan Lain-lain. Di rumah sakit, pasien mungkin perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeriksaan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Layanan home visit perawat dapat membantu pasien menghemat biaya pengobatan lain-lain karena pasien dapat mendapatkan perawatan yang sama di rumah.

Baca Juga:

4. Mengurangi Risiko Infeksi

Manfaat home visit bagi pasien bisa mengurangi risiko infeksi. Rumah sakit merupakan tempat yang penuh dengan orang sakit, sehingga risiko pasien terkena infeksi dari pasien lain cukup tinggi. Risiko ini dapat dikurangi dengan menggunakan layanan home visit perawat, di mana pasien dirawat di lingkungan yang familiar dan terkontrol.

Berikut beberapa alasan mengapa layanan home visit perawat dapat membantu mengurangi risiko infeksi:

  • Lingkungan yang familiar. Pasien dirawat di rumah, di mana mereka merasa nyaman dan terkontrol. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pasien, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.
  • Jumlah orang yang lebih sedikit. Pasien tidak berkontak dengan banyak orang seperti di rumah sakit. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko terpapar patogen yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Kebersihan yang lebih terjaga. Perawat home visit akan memastikan bahwa lingkungan rumah pasien bersih dan higienis. Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran infeksi.
  • Perawatan yang lebih personal. Perawat home visit dapat memberikan perawatan yang lebih personal dan terfokus pada kebutuhan pasien. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien dan mempercepat pemulihan mereka.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien dan Keluarga

Keuntungan home visit bagi pasien yakni dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga. Pasien merasa lebih bahagia dan tenang karena berada di rumah bersama orang-orang tercinta. Keluarga pun merasa terbantu dengan adanya perawat yang profesional dan berpengalaman.

Itulah keuntungan layanan Home Visit Perawat yang bakal Anda dapatkan. Anda bisa dapatkan layanan home visit perawat di Carepro.co.id yang menawarkan banyak keuntungan bagi pasien dan keluarga. 

Dengan layanan Perawat Visit dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien dan memberikan ketenangan bagi keluarga. Jika Anda sedang mencari solusi untuk merawat orang sakit di rumah, layanan home visit perawat dari CarePro bisa menjadi pilihan yang tepat.

REFERENSI:
Halo Doc. Mengenal Home Care dan Daftar Layanan Serta Manfaatnya. Diakses pada tanggal 31 Maret 2024
Link Sehat. 5 Kelebihan Menggunakan Layanan Homecare. Diakses pada tanggal 31 Maret 2024
Birdsnbees. Temukan 7 Manfaat Home Care Penting yang Jarang Diketahui. Diakses pada tanggal 31 Maret 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id