Ini Cara Perawatan Luka di Rumah yang Tepat dan Efektif

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Perawatan luka di rumah tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui bagaimana cara mengobati luka dengan tepat dan efektif supaya dapat sembuh dengan cepat. Yuk, mari kita ketahui bersama melalui artikel ini.

Apakah Anda memiliki luka? Perawatan luka dengan segera sangat penting Anda lakukan supaya tidak terjadi infeksi atau masalah cedera yang lebih serius di kemudian hari. Namun, penanganannya tak boleh sembarangan.

Anda perlu mengetahui bagaimana cara perawatan luka yang tepat dan efektif yang dapat Anda lakukan hanya dari rumah. Hal ini bertujuan agar luka Anda dapat sembuh dengan baik dan cepat.

Tujuan Perawatan Luka

Terdapat berbagai macam kondisi ketika Anda tidak melakukan perawatan luka dengan baik dan benar. Masalah utamanya adalah luka akan memburuk, kronis, infeksi, dan kondisi lainnya yang lebih berbahaya.

Oleh karena itu, perlunya dilakukan pencegahan supaya tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Berikut adalah tujuan perawatan luka yang kami lansir dari Better Health:

  • Pencegahan luka dari infeksi karena bakteri dan kuman
  • Menghindarkan luka dari nanah dan sel-sel kulit mati
  • Meminimalisir bekas luka atau keloid
  • Mengganti balutan perban
  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Jenis Perawatan Luka

sumber: insanmedika.co.id

Luka kecil atau ringan biasanya dapat Anda tangani sendiri. Namun, untuk luka yang lebih serius diperlukan penanganan dari dokter atau perawat. Berikut adalah jenis perawatan luka yang kami bagi menjadi dua, yakni:

Perawatan Luka Minor

Jenis luka minor biasanya terjadi akibat adanya jaringan yang rusak dan terbuka karena trauma. Misalnya karena prosedur operasi, kecelakaan, terjatuh, dan semacamnya.

Luka jenis ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Penangannya cukup dengan memberikan antiseptic atau minyak pada sekitar luka hingga kering.

Perawatan Luka Kronis

Jenis luka kronis tidak dapat ditangani sendiri, hal ini diperlukan perawatan dari tenaga kesehatan profesional yang dapat melakukan tindakan medis.

Luka kronis kerap berkaitan dengan adanya faktor intrinsik dan ekstrinsik, misalnya obat-obatan, komorbiditas, atau gizi buruk. Apabila Anda memiliki luka kronis, sebaiknya hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut dan intensif.

Baca juga: Dokter Panggilan Terdekat dari Rumah Anda (Tersedia 24 Jam)

Cara Perawatan Luka di Rumah

sumber: insanmedika.co.id

Jika Anda memiliki luka ringan setelah kecelakaan kecil seperti terjatuh, tersandung, atau yang lainnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah praktis yang bisa Anda lakukan di rumah. Berikut tips perawatan luka ringan di rumah yang aman dan efektif:

1. Cuci Tangan

Sebelum Anda melakukan perawatan luka, sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu agar tangan Anda steril dari bakteri dan kuman yang dapat menginfeksi luka terbuka. Gunakan sabun dan air mengalir, lalu ikuti langkah berikut:

  • Pastikan seluruh permukaan tangan terbasuh dengan air mengalir
  • Usapkan sabun hingga berbusa, lalu bersihkan seluruh permukaan tangan dengan busa sabun. Mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, hingga area kuku. Gosok selama kurang lebih 20 detik
  • Bilas kembali seluruh permukaan tangan dengan air mengalir hingga seluruh busa hilang
  • Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan seluruh permukaan tangan

2. Hentikan perdarahan

Sekarang tangan Anda sudah bersih. Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menghentikan perdarahan dengan cara menekan luka menggunakan kain yang bersih dan steril. Lakukan hal ini dengan cara perlahan dan lembut.

Buat diri Anda lebih rileks dan tenang. Jika perlu berbaring dan anggota tubuh tidak lebih tinggi dari area lukan karena hal ini dapat membantu mengurangi perdarahan.

3. Irigasi luka

Setelah perdarahan luka sedikit berhenti, Anda dapat melakukan irigasi luka. Basuh area luka dengan menggunakan air hangat selama 5 - 10 menit.

Jangan lupa untuk menggunakan air bersih dan matang, ya, agar kotoran yang terdapat pada luka juga ikut luruh terbuang bersama air yang mengalir.

4. Gunakan antiseptik

Tips mengobati luka selanjutnya adalah mencuci area luka dengan menggunakan antiseptik khusus. Anda dapat membelinya di apotik terdekat dari rumah Anda. Jika tidak tersedia, Anda dapat menggunakan sabun sebagai penggantinya.

Meskipun terasa sakit, langkah ini penting untuk Anda lakukan supaya area luka dapat terhindar dari kuman dan bakteri yang menyebabkan infeksi. Tak perlu khawatir, rasa sakit ini hanya sementara dan luka akan menjadi cepat kering.

Jika Anda sudah memberikan antiseptik ke area luka, Anda dapat membasuh kembali menggunakan air hangat. Lalu keringkan area luka yang basah menggunakan kain bersih dan steril. Sebaiknya hindari penggunaan kapas karena dapat menyebabkan serat kapas tertinggal pada area luka.

5. Menutup Luka

Langkah merawat luka yang terakhir adalah melakukan penutupan luka menggunakan plester atau perban. Tutup luka dengan perban yang dapat Anda beli di apotek. Sebagai tambahan, Anda dapat mengoleskan luka dengan petroleum jelly sebelumnya supaya kelembaban kulit tetap terjaga.

Apabila lukanya berukuran kecil, Anda dapat membiarkannya terbuka tanpa perlu ditutup agar luka dapat kering lebih cepat.

Pastikan supaya area luka tidak sampai terkena basah, dan plester atau perban Anda ganti sehari sekali. Jika Anda banyak beraktivitas sehingga membuat penutup luka menjadi terlihat kotor, usahakan supaya cepat diganti. Jangan lupa untuk melakukan prosedur perawatan luka dari awal jika ingin menggantinya.

Baca juga: Kenali Fungsi Elastic Bandage: Perlindungan dan Dukungan yang Penting

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

sumber: insanmedika.co.id

Dilansir dari Healthline, Anda harus mendapatkan perawatan dari tenaga medis apabila Anda mengalami gejala sebagai berikut:

  • luka terbuka lebih dalam dari 1/2 inci
  • pendarahan tidak berhenti dengan tekanan langsung
  • pendarahan berlangsung lebih dari 20 menit
  • pendarahan adalah akibat dari kecelakaan serius

Tak perlu panik, kabar baiknya, CarePro hadir untuk Anda. CarePro menyediakan layanan kesehatan perawat visit dan home visit dokter bagi Anda yang membutuhkan penanganan medis dari tenaga ahli profesional dalam bidangnya.

CarePro tersedia di kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Bagi Anda yang berada di kota tersebut, Anda dapat langsung memesan layanan kesehatan ini secara langsung dari aplikasi CarePro. Download secara gratis melalui Play Store sekarang.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan luka yang tepat, Anda dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah masalah yang lebih serius. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan, memantau perkembangan penyembuhan, dan berkonsultasi dengan profesional medis jika diperlukan.

CarePro tersedia layanan kesehatan terbaik lainnya, seperti Caregiver Live In, Caregiver Visit, Telekonsultasi, Fisioterapi, Dokter Visit, dan Perawat Live In.

Referensi

  • Better Health. Wounds - how to care for them. Diakses pada 16/03/2024
  • Healthline. Open Wound. Diakses pada 16/03/2024
Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id