Kenali Fungsi Elastic Bandage: Perlindungan dan Dukungan yang Penting

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Elastic bandage atau perban elastis adalah salah satu alat kesehatan yang mungkin kurang dikenal, tetapi memiliki peran yang sangat penting dalam pemulihan cedera, dukungan saat berolahraga, dan merawat kondisi medis tertentu.

Elastic bandage atau perban elastis adalah salah satu alat kesehatan yang mungkin kurang dikenal, tetapi memiliki peran yang sangat penting dalam pemulihan cedera, dukungan saat berolahraga, dan merawat kondisi medis tertentu. Artikel ini akan membahas apa itu elastic bandage, fungsi utamanya, dan berapa lama sebaiknya Anda menggunakannya.

Apa Itu Elastic Bandage?

Elastic bandage adalah perban elastis yang terbuat dari bahan elastis, seperti karet atau bahan serupa. Perban ini dirancang untuk melar dan memberikan tekanan yang terkontrol ketika dikenakan pada area tubuh yang memerlukan perlindungan atau dukungan tambahan. Elastic bandage seringkali tersedia dalam berbagai lebar dan panjang, sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

Baca juga: Dokter Panggilan Terdekat dari Rumah Anda (Tersedia 24 Jam)

Jenis-jenis Elastic Bandage

Berikut adalah beberapa jenis elastic bandage yang umum digunakan dalam pengobatan medis:

  • Cotton Elastic Bandage: Terbuat dari bahan katun yang elastis, perban ini biasanya digunakan untuk memberikan dukungan pada area yang lemah atau cedera.
  • Self-Adhesive Elastic Bandage: Bandage ini memiliki lapisan perekat yang memungkinkan perban untuk menempel pada dirinya sendiri tanpa memerlukan pin atau klip, membuatnya mudah digunakan dan tidak memerlukan bantuan orang lain.
  • Crepe Elastic Bandage: Perban ini terbuat dari bahan crepe yang elastis dan memberikan tekanan yang cukup untuk memfasilitasi penyembuhan cedera ringan.
  • Compression Elastic Bandage: Dirancang khusus untuk memberikan tekanan yang lebih tinggi pada area yang terluka, membantu mengontrol pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan.
  • Elastic Tubular Bandage: Berbentuk seperti tabung dan terbuat dari bahan elastis, perban ini digunakan untuk melindungi dan memberikan dukungan pada luka atau gips.
  • Elastic Cohesive Bandage: Bandage ini menempel pada dirinya sendiri tanpa menggunakan perekat atau pin, dan juga tidak menempel pada kulit, sehingga cocok untuk digunakan di area yang sensitif atau berbulu.
  • Ace Bandage: Salah satu merek populer dari elastic bandage, sering digunakan untuk memberikan dukungan pada cedera otot atau sendi.

Fungsi Elastic Bandage

Elastic bandage memiliki berbagai fungsi penting yang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari elastic bandage:

  1. Penahan cedera. Salah satu fungsi utama elastic bandage adalah untuk menahan cedera seperti memar, goresan, atau luka ringan. Dengan membungkus area yang terluka dengan perban elastis, Anda dapat memberikan perlindungan tambahan dan membantu mencegah infeksi.
  2. Dukungan sendi. Elastic bandage juga digunakan untuk memberikan dukungan tambahan pada sendi yang cedera atau lemah. Misalnya, ketika Anda mengalami pergelangan kaki yang terkilir, mengikat elastic bandage dengan benar dapat membantu menjaga sendi tetap stabil selama proses penyembuhan.
  3. Kompresi. elastic bandage dapat digunakan untuk memberikan kompresi pada area tertentu. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan, terutama setelah operasi atau cedera olahraga.
  4. Dukungan saat berolahraga. Banyak olahragawan dan atlet menggunakan elastic bandage untuk memberikan dukungan tambahan pada otot dan sendi selama berolahraga. Ini membantu mengurangi risiko cedera dan memungkinkan mereka untuk tetap aktif dengan nyaman.
  5. Pencegahan cedera. Elastic bandage juga dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah cedera pada area yang rentan, terutama pada olahragawan yang melakukan gerakan berulang atau memiliki riwayat cedera tertentu.

Baca juga: Peran Terapi Wicara: Solusi untuk Memperbaiki Kemampuan Bicara

Durasi penggunan Elastic Bandage

Durasi penggunaan elastic bandage dapat bervariasi tergantung pada tujuan penggunaannya dan saran dari profesional medis. Berikut adalah panduan umum untuk berapa lama sebaiknya Anda menggunakannya:

  1. Pemulihan cedera. Jika Anda menggunakan elastic bandage untuk membantu dalam pemulihan cedera seperti pergelangan kaki yang terkilir, durasinya biasanya berkisar antara beberapa hari hingga beberapa minggu. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter atau fisioterapis Anda.
  2. Dukungan saat berolahraga. Saat digunakan sebagai dukungan saat berolahraga, elastic bandage biasanya hanya digunakan selama sesi olahraga itu sendiri. Setelah itu, Anda bisa melepaskannya untuk memberi otot dan sendi istirahat.
  3. Pencegahan cedera. Jika Anda menggunakan elastic bandage sebagai langkah pencegahan, durasinya mungkin bervariasi tergantung pada aktivitas Anda. Beberapa orang mungkin memilih untuk menggunakannya selama latihan atau kompetisi, sementara yang lain hanya menggunakan saat merasa perlu.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan elastic bandage yang berkepanjangan atau terlalu ketat dapat menyebabkan masalah seperti pembengkakan atau gangguan sirkulasi. Oleh karena itu, selalu ikuti panduan dari profesional medis atau fisioterapis Anda dalam penggunaannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran khusus tentang penggunaan elastic bandage, segera konsultasikan dengan profesional medis untuk panduan yang lebih spesifik.

Anda dapat berkonsultasi mengenai perawatan cedera dari layanan medis dan homecare terbaik Care Pro. Tenaga medis kami siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini.


Bttn (2023). Elastic Bandage: Types, Benefits, Uses, and How It Works. Diakses pada 14 Maret 2024

Alodokter (2017). Lama penggunaan elastic bandage. Diakses pada 14 Maret 2024.

Verywelle (2022). Steps to Use a Compression Bandage. Diakses pada 14 Maret 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id