Mengetahui Peran Fisioterapi dalam Pemulihan Cedera Olahraga

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Fisioterapi adalah jenis tindakan rehabilitasi pada pasien pasca cedera atau mengalami penyakit tertentu. Selain itu, fisioterapi juga dinilai efektif dalam mengatasi cedera olahraga. Apakah benar?

Fisioterapi adalah jenis tindakan rehabilitasi pada pasien pasca cedera atau mengalami penyakit tertentu dengan tujuan untuk membantu mengembalikan kekuatan, fungsi, gerakan, serta kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, fisioterapi juga dinilai efektif dalam mengatasi cedera olahraga. Apakah benar? Simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Mengenal fisioterapi untuk pemulihan cedera olahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang menyehatkan. Namun, jika tiba-tiba terjadi masalah seperti cedera, hal ini tentu perlu segera ditangani oleh fisioterapis (seseorang yang melakukan fisioterapi) sebelum kondisi semakin parah.

Beberapa cedera olahraga yang dapat ditangani menggunakan fisioterapi, seperti:

  1. Terkilir. Terkilir dapat terjadi ketika ligamen yang menghubungkan ujung tulang satu dengan yang lainnya mengalami perenggangan. Kondisi ini dapat terjadi akibat jatuh atau pukulan yang membuat sendi keluar dari posisinya.
  2. Strain. Kondisi ini dapat terjadi ketika otot atau tendon ditari, dipelintir, atau sobek. Strain dapat terjadi karena peregangan yang berlebihan selama gerakan kuat saat olahraga.
  3. Shin splints. Cedera ini dintandai dengan rasa sakit di sepanjang tulang besar di bagian depan tungkai bawah atau dikenal dengan tulang tibia atau tulang kering. Cedera ini sering terjadi pada atlet pelari.
  4. Nyeri dan cedera lutut. Lutut merupakan sendi yang paling sering terluka, salah satunya mengalami nyeri karena cedera. Cedera lutut paling parah terjadi ketika terjadi memar tulang atau kerusakan pada tulang rawan atau ligamen.

Peran fisioterapi dalam mengatasi cedera olaharaga

Perlu diketahui bahwa, fisioterapis memiliki peran penting dalam mengatasi pasien yang mengalami cedera. Mereka akan mengkaji sebuah cedera kemudian akan menyimpulkan cedera apa yang dialami pasien. Guna mendapatkan diagnosa yang akurat, hal ini akan dilakukan oleh tenaga medis yang bersertifikat.

Dari diagnosa tersebut barulah ditentukan fisioterapi yang cocok untuk diberikan. Umumnya, tahap awal pengobatan melibatkan pengurangan rasa sakit dan mencapai penyembuhan. Ketika rasa sakit dan bengkak berkurang, barulah perawatan rekondisi progesif dimulai.

Baca juga: Cara Panggil Dokter ke Rumah Anda dengan Aplikasi CarePro

Anda mengalami cedera olahraga? Care Pro menyediakan berbagai macam layanan Fisioterapi dengan tenaga ahli yang ramah dan juga sudah berpengalaman untuk membantu keluarga tersayang Anda mendapatkan terapi yang terbaik.

Anda dapat melakukan konsultasi dokter online terlebih dahulu untuk melakukan langkah perawatan selanjutnya. Dokter homecareCare Pro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini.


REFERENSI

Focusphysiotherapy (2023). The Role of Physiotherapy in Sports Injury Rehabilitation. Diakses pada 22 Maret 2024.

Epicmedical (2023). The Role of Physical Therapy in Sports Injury Rehabilitation. Diakses pada 22 Maret 2024.

Life Force (2023). The Benefits of Physiotherapy for Recovery Following Sports Injuries. Diakses pada 22 Maret 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id