10 Jenis Perawat Live In dan Manfaatnya untuk Pasien

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Ketahui jenis perawat live in dan manfaatnya agar Anda bisa mendapatkan perawat yang tepat! Hubungi CarePro untuk dapatkan layanan terbaik.

Perawatan live in merupakan solusi yang semakin populer bagi pasien yang membutuhkan bantuan dan pengawasan ekstra di rumah. Perawat live in tinggal bersama pasien selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan menyediakan berbagai layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Ada berbagai jenis perawat live in yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Yuk simak ulasan di bawah ini!

Jenis Perawat Live in

Canva/Perawat live in sedang menemani dan memantau pasien makan

Apa saja jenis layanan homecare live in ini? Ada beberapa jenis perawat live in ini yang bisa Anda ketahui, di antaranya:

1. Perawat Lansia

Jenis perawat itu bermacam-macam. Perawat ada apa saja? salah satu adalah perawat lansia. Jenis perawat ini terlatih untuk membantu lansia dengan aktivitas sehari-hari seperti mandi, berpakaian, makan, dan minum. Perawat lansia juga dapat membantu dengan perawatan medis, seperti mengganti obat dan memantau tanda-tanda vital.

2. Perawat Pasien Pasca Operasi

Perawat ini membantu pasien yang baru saja menjalani operasi untuk pulih dengan aman dan nyaman di rumah. Perawat pasca operasi dapat membantu dengan perawatan luka, manajemen nyeri, dan latihan fisik.

3. Perawat Orang Sakit

Perawat ini membantu orang yang sakit dengan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan Alzheimer. Perawat orang sakit dapat membantu dengan manajemen obat, terapi fisik, dan perawatan kesehatan mental.

4. Perawat Ibu dan Bayi

Perawat ini membantu ibu baru dengan perawatan bayi dan pemulihan pasca melahirkan. Perawat ibu dan bayi juga dapat membantu dengan menyusui, memandikan bayi, dan pengaturan tidur.

5. Perawat Anak

Perawat anak membantu orang tua dengan perawatan anak-anak mereka, termasuk anak berkebutuhan khusus. Mereka dapat membantu dengan aktivitas sehari-hari, manajemen obat, terapi, dan banyak lagi.

6. Perawat Disabilitas

Perawat disabilitas membantu orang dengan disabilitas fisik, intelektual, atau perkembangan untuk hidup mandiri. Mereka dapat membantu dengan aktivitas sehari-hari, transportasi, dan perawatan pribadi.

Baca Juga:

7. Perawat Kesehatan Mental

Perawat kesehatan mental memberikan dukungan dan perawatan kepada orang yang mengalami masalah kesehatan mental. Mereka dapat membantu dengan manajemen obat, terapi, dan pengembangan keterampilan mengatasi masalah.

8. Perawat Gizi

Perawat gizi membantu orang dengan kebutuhan diet khusus untuk membuat rencana makan yang sehat dan seimbang. Mereka juga dapat membantu dengan pendidikan nutrisi dan persiapan makanan.

9. Perawat Hospice

Perawat hospice memberikan perawatan paliatif kepada orang yang sedang dalam tahap akhir kehidupan. Mereka berfokus pada kenyamanan dan perawatan simptomatik, serta memberikan dukungan kepada keluarga pasien.

10. Perawat Setempat (Live in companion)

Perawat setempat tidak memberikan perawatan medis, tetapi mereka menyediakan persahabatan dan dukungan kepada orang yang kesepian atau terisolasi. Mereka dapat membantu dengan aktivitas ringan, transportasi, dan menemani ke acara sosial.

Manfaat Perawatan Live in

Canva/Perawat live in sedang menunjukkan perkembangan kesehatan pasien

Menggunakan perawat live in ini mendatangkan banyak manfaat. Berikut di antaranya:

  • Peningkatan Kualitas Hidup: Perawatan live in dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien dengan memberikan bantuan dan pengawasan yang mereka butuhkan untuk hidup mandiri di rumah.
  • Keamanan dan Kenyamanan: Perawat live in dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasien dan keluarga mereka. Pasien mengetahui bahwa mereka selalu ada yang membantu jika mereka membutuhkannya.
  • Pengurangan Biaya: Perawatan live in dapat menjadi alternatif yang lebih hemat biaya daripada tinggal di panti jompo atau rumah sakit.
  • Kedekatan dengan Keluarga: Perawatan live in memungkinkan pasien untuk tetap tinggal di rumah mereka sendiri dan dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman.

Tips Memilih Perawat Live in

Canva/Perawat live in yang profesional memberikan pelayanan yang sabar, lembut dan hangat

Agar Anda bisa mendapatkan perawat live ini yang tepat, tidak ada salahnya bila Anda terapkan tips berikut:

  • Tentukan Kebutuhan Anda: Pertimbangkan jenis perawatan yang Anda butuhkan dan jam berapa Anda membutuhkannya.
  • Lakukan Riset: Cari agen perawat terpercaya atau wawancarai kandidat secara langsung.
  • Periksa Referensi: Mintalah referensi dari klien sebelumnya dan hubungi mereka untuk mendapatkan ulasan.
  • Pastikan Kecocokan: Pilihlah perawat yang memiliki kepribadian dan pengalaman yang cocok dengan Anda.

Perawatan live in dapat menjadi solusi yang ideal bagi pasien yang membutuhkan bantuan dan pengawasan ekstra di rumah. Dengan memilih jenis perawat live in yang tepat dan melakukan riset, Anda dapat menemukan perawat yang akan membantu Anda hidup mandiri dan nyaman di rumah. 

Bila Anda membutuhkan jasa perawat harian, layanan Perawat Live In bisa percayakan pada CarePro. Kami berpengalaman dalam menangani semua pasien dan profesional. Info selengkapnya bisa akses website kami di carepro.co.id

REFERENSI
Herzing. 13 Different Types of Nurses. Diakses pada 5 April 2024
Klik Dokter. Keterampilan yang Harus Dimiliki Perawat. Diakses pada 5 April 2024
Aku Pintar. Miliki 5 Kualitas Ini untuk Menjadi Seorang Perawat. Diakses pada 5 April 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id