Ceker Ayam Bisa Picu Kolesterol Tinggi? Begini Faktanya Menurut Medis

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Ceker ayam sering menjadi santapan lezat di berbagai tempat kuliner, tetapi seiring dengan kelezatannyamuncul pertanyaan tentang pengaruhnya terhadap kesehatan, khususnya kolesterol.

Ceker ayam sering menjadi santapan lezat di berbagai tempat kuliner, tetapi seiring dengan kelezatannya, muncul pertanyaan tentang pengaruhnya terhadap kesehatan, khususnya kolesterol. Benarkah ceker ayam bisa memicu kolesterol tinggi? Yuk, simak faktanya pada ulasan berikut ini.

Kandungan pada ceker ayam

Meskipun tidak memiliki daging, dan hanya terdiri dari kulit, tendon, dan tulang yang kaya sumsum, ceker ayam mengandung sejumlah nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan yang umumnya terdapat dalam ceker ayam antara lain:

  1. Folat (Vitamin B9): Kandungan ini memiliki peran membantu sintesis DNA dan mencegah kelainan pada janin.
  2. Glukosamin: Kandungan ini berpotensi mencegah penyakit nyeri sendi atau radang sendi.
  3. Kolagen: 70% total protein ceker adalah kolagen. Protein ini berperan dalam memperkuat kulit, tandon, tulang, otot, serta ligamen.

Kebanyakan orang, memakan ceker hanya bagian kulit dan tandonnya saja. Tulang ayam yang kaya akan gizi justru malah dibuang. Namun, Anda akan tetap bisa mendapatkan zat gizi dalam ceker dengan cara merebusnya. Tujuannya yaitu untuk memperoleh kaldunya.

Baca juga: Kenali Manfaat Telekonsultasi: Layanan Konsultasi Kesehatan Online di Era Digital

Benarkah ceker ayam bisa picu naiknya kolesterol?

Penting untuk dicatat bahwa kolesterol tidak hanya dipengaruhi oleh satu jenis makanan saja, tetapi oleh pola makan secara keseluruhan. Meskipun ceker ayam mengandung lemak, termasuk kolesterol, tetapi apakah ceker ayam bisa secara langsung memicu kolesterol tinggi tergantung pada bagaimana ceker tersebut diproses dan dimasak.

Jika ceker ayam dimasak dengan cara yang sehat, seperti direbus atau dikukus, kemungkinan pengaruhnya terhadap kolesterol akan lebih rendah dibandingkan dengan ceker yang digoreng atau dipanggang dengan menggunakan minyak banyak. Kandungan kolagen dan protein yang bermanfaat dalam ceker ayam dapat memberikan nutrisi yang baik tanpa meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

Cara mencegah kolesterol akibat ceker ayam

Mencegah kolesterol tinggi akibat konsumsi ceker ayam dapat dilakukan dengan mengambil langkah-langkah pencegahan dan memasukkan ceker ayam ke dalam pola makan yang sehat. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah kolesterol tinggi yang mungkin disebabkan oleh ceker ayam:

  1. Pilih metode memasak yang sehat. Hindari menggoreng ceker ayam, karena metode ini dapat menambah jumlah lemak jenuh dan kolesterol dalam hidangan. Lebih baik memilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus, mengukus, atau memanggang.
  2. Bersihkan ceker dengan baik sebelum memasak. Pastikan untuk membersihkan ceker ayam dengan baik sebelum dimasak untuk menghilangkan sisa lemak dan kolesterol yang mungkin masih menempel pada permukaannya.
  3. Pilihlah ceker yang sehat. Pilih ceker ayam yang segar dan berkualitas baik. Hindari ceker ayam yang sudah diproses secara berlebihan atau mengandung tambahan bahan pengawet yang tidak sehat.
  4. Batasi konsumsi bagian. Kontrol ukuran porsi ceker ayam yang dikonsumsi. Hindari makan berlebihan, karena konsumsi berlebihan dari apa pun dapat berkontribusi pada asupan kalori dan lemak yang tinggi. Jika mungkin, hilangkan kulit ceker ayam sebelum dimasak atau saat mengkonsumsinya. Kulit ceker ayam mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.
  5. Memantau kolesterol secara rutin. Lakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin untuk memantau kesehatan Anda. Jika ada kekhawatiran mengenai kolesterol tinggi, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai.

Baca juga: Dokter Panggilan Terdekat dari Rumah Anda (Tersedia 24 Jam)

Berikut tadi adalah beberapa fakta tentang ceker ayam dan kolesterol tinggi. Selalu ingat untuk mengontrol asupan makanan Anda dan menjaga pola makan yang seimbang untuk mencapai gaya hidup yang sehat dan optimal.

Jika Anda membutuhkan konsultasi kesehatan mengenai kolesterol, Anda dapat melakukan konsultasi dokter online terlebih dahulu di Care Pro. Dokter homecare Care Pro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro secara gratis untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini.


REFERENSI

Healthline (2020). Eating Chicken Feet: All You Need to Know. Diakses pada 27 Maret 2024.

Medical News Today (2022). What to know about cholesterol levels in chicken. Diakses pada 27Maret 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id