Takut Terkena Penyakit Batu Empedu? Simak Cara Mencegahnya

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Penyakit batu empedu adalah gangguan yang terjadi di dalam kantong empedu, suatu organ kecil yang terletak di bawah hati.

Penyakit batu empedu adalah gangguan yang terjadi di dalam kantong empedu, suatu organ kecil yang terletak di bawah hati. Meskipun jarang terjadi, kondisi ini perlu diwaspadai.

Perlu diketahui bahwa batu empedu umumnya disebabkan oleh tingginya kandungan kolesterol dalam tubuh yang akhirnya memicu terjadinya pengendapan dalam kantung maupun saluran empedu dan mengkristal menjadi batu.
Selain itu, ada juga faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya batu empedu, antara lain:

  1. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras. Minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko Anda mengalami batu empedu. Disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 2 unit alkohol per hari.
  2. Kelainan genetik. Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk membentuk batu empedu. Faktor genetik dapat memengaruhi bagaimana tubuh memproses kolesterol dan zat-zat lain dalam empedu, meningkatkan risiko pembentukan batu.
  3. Gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup dan kebiasaan makan yang tidak sehat, termasuk diet tinggi lemak jenuh, rendah serat, dan tinggi kolesterol, dapat meningkatkan risiko pembentukan batu empedu. Kurangnya aktivitas fisik dan obesitas juga merupakan faktor risiko.
  4. Perubahan hormonal. Wanita lebih rentan terhadap pembentukan batu empedu daripada pria, terutama selama kehamilan, penggunaan pil KB, atau terapi hormon pengganti.
  5. Gangguan pada kandung empedu. Ketidakseimbangan kimia dalam kandung empedu, yang dapat disebabkan oleh gangguan dalam pengosongan kandung empedu atau pergerakan empedu yang terlalu lambat, juga dapat berkontribusi pada pembentukan batu.

Tips mencegah penyakit batu empedu

Guna mencegah terjadinya batu empedu, berikut ini ada beberapa tips, yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi batu empedu, diantaranya:

  1. Pola makan sehat. Makan makanan rendah lemak dan tinggi serat dapat membantu mencegah pembentukan batu empedu. Hindari makanan berlemak jenuh, makanan cepat saji, dan makanan tinggi kolesterol.
  2. Jaga berat badan yang sehat. Kegemukan dan obesitas merupakan faktor risiko utama untuk pembentukan batu empedu. Menjaga berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan olahraga teratur dapat membantu mencegah penyakit ini.
  3. Konsumsi buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran yang kaya serat dapat membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat dan mencegah pembentukan batu empedu.
  4. Hindari puasa jangka panjang atau diet ekstrem. Puasa jangka panjang atau diet yang ekstrem dapat meningkatkan risiko pembentukan batu empedu. Penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dan teratur.
  5. Konsumsi cukup air. Minum cukup air setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan saluran empedu dan mencegah pembentukan batu empedu.
  6. Batasi konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko pembentukan batu empedu. Batasi konsumsi alkohol Anda untuk menjaga kesehatan hati dan empedu.
  7. Perhatikan kesehatan liver. Kesehatan liver yang baik juga penting untuk mencegah pembentukan batu empedu. Hindari konsumsi alkohol berlebihan dan hindari faktor risiko lainnya yang dapat merusak hati.
  8. Perhatikan gejala dan konsultasikan dengan dokter. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit batu empedu atau memiliki gejala seperti nyeri perut yang berkepanjangan, mual, atau muntah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Apabila Anda membutuhkan layanan Caregiver Live In, Caregiver Visit, Dokter Visit, Fisioterapi, Perawat Live In, Perawat Visit, dan Telekonsultasi yang berpengalaman dan profesional, Anda bisa langsung download aplikasi Care Pro.


REFERENSI

WebMD (2023). Understanding Gallstones, Prevention. Diakses pada 28 Januari 2024.

Havard Health (2023). What to do about gallstones. Diakses pada 28 Januari 2024.

Healthline (2023). Are There Natural Ways to Treat Gallstones?. Diakses pada 28 Januari 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id