Otot Anda Nyeri Setelah Olahraga? Atasi Dengan Cara Ini

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Namun, terkadang kita mengalami nyeri otot setelah sesi latihan yang intens. Bagaimana cara mengatasinya?

Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Namun, terkadang kita mengalami nyeri otot setelah sesi latihan yang intens. Hal ini tentu menjadi tidak nyaman bagi banyak orang ketika ingin menjaga konsistensi rutinitas saat ingin olahraga. Lantas, mengapa kondisi ini dapat terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Penyebab nyeri otot setelah olahraga

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, perlu diketahui juga apa sebenarnya yang menyebabkan nyeri otot sering terjadi pasca olahraga. Tujuannya agar Anda bisa mencegah kondisi ini terjadi. Berikut ini ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Adanya pembentukan Asam Laktat. Saat Anda berolahraga, otot Anda bekerja keras dan membutuhkan lebih banyak energi. Proses ini menghasilkan asam laktat sebagai produk sampingan metabolisme yang meningkatkan tingkat keasaman dalam otot Anda. Akumulasi asam laktat dapat menyebabkan otot Anda merasa lelah dan nyeri.
  2. Cedera Mikroskopis. Latihan yang intens dapat menyebabkan cedera mikroskopis pada serat otot. Meskipun ini adalah bagian alami dari proses pembentukan otot yang lebih kuat, cedera ini juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan nyeri setelah olahraga.
  3. Dehidrasi. Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan otot Anda menjadi kaku dan lebih rentan terhadap cedera. Dehidrasi juga dapat memperburuk nyeri otot setelah olahraga.

Nyeri otot pasca olahraga biasanya terjadi dalam 12 hingga 24 jam setelah latian berat. Hal ini dinilai normal sebagai bentuk dari respon tubuh.

Cara mengatasi nyeri otot pasca olahraga

Ada beberapa tips atau cara yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengurangi rasa nyeri pasca olahraga, antara lain:

1. Pemanasan dan pendinginan yang tepat

Pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya adalah langkah penting dalam mencegah nyeri otot. Pemanasan membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot Anda, sedangkan pendinginan membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan fleksibilitas otot.

Lakukan juga peregangan sebelum dan setelah olahraga dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan mengurangi risiko cedera. Peregangan yang lembut dan konsisten dapat membantu otot Anda pulih lebih cepat dan mengurangi intensitas nyeri otot setelah olahraga.

2. Konsumsi cairan yang cukup

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Minumlah air secara teratur untuk menggantikan cairan yang hilang selama latihan. Ini membantu menjaga otot Anda tetap fleksibel dan mengurangi risiko nyeri otot.

3. Istirahat yang cukup

Memberi waktu istirahat yang cukup bagi tubuh Anda untuk pulih setelah latihan adalah kunci untuk mengurangi nyeri otot dan mempercepat pemulihan. Hindari overtraining dan berikan waktu bagi otot Anda untuk memperbaiki diri.

4. Kompres hangat

Jika Anda mengalami nyeri otot pasca olahraga, coba kompres menggunakan air hangat. Hal ini dapat merangsang aliran darah ke otot untuk meredakan ketegangan dan membantu Anda merasa lebih baik. Hati-hati, jangan terlalu panas untuk mencegah terjadinya luka bakar dan peradangan yang lebih parah.

5. Pijat otot dengan lembut

Selain mengompres dengan air hangat, memberikan pijatan juga dapat meredakan ketegangan pada otot, meningkatkan rentang gerak pada persedian, dan meningkatkan aliran darah. Ketika nyeri otot melanda, pilihlah salah satu jenis pijatan yang menggunakan tekanan ringan, seperti pijat Swedia. Memberikan pijatan ini dinilai lebih baik untuk pemulihan daripada pijat jaringan dalam. Anda juga dapat mencoba akupresur titik nyeri namun lakukan terapis yang sudah berpengalaman.

Apabila Anda membutuhkan layanan Caregiver Live In, Caregiver Visit, Dokter Visit, Fisioterapi, Perawat Live In, Perawat Visit, dan Telekonsultasi yang berpengalaman dan profesional, Anda bisa langsung download aplikasi Care Pro


REFERENSI

Everyday Health (2023). Quick Fixes for Sore Muscles. Diakses pada 18 Februari 2024.

WebMD (2023). What to Know About Active Recovery Workouts. Diakses pada 18 Februari 2024.

The New York Times (2023). Sore After Working Out? Here’s How to Manage. Diakses pada 18 Febriari 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id