Kenali 7 Manfaat Tidur Siang, Benarkah Dapat Redakan Stres?

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, ternyata melakukan tidur siang meski hanya 10 menit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, ternyata melakukan tidur siang meski hanya 10 menit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental.

Sayangnya, banyak orang sering melewatkan tidur siang karena padatnya aktivitas yang harus dilakukan. Lantas, apa saja manfaat tidur siang? Simak informasi selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Manfaat tidur siang untuk kesehatan

Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tidur siang, seperti meningkatkan kinerja, kewaspadaan, hingga meningkatkan mood.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tidur siang, diantaranya:

1. Membantu meredakan stres

Stres biasanya muncul akibat tekanan dalam otak yang berlebihan. Selain itu juga akibat kurang tidur yang menyebabkan tubuh melepaskan banyak hormon kortisol atau hormon stres.

Dilansir dari Healthline, tidur siang selama 15 menit setiap hari dapat membantu mengurangi stres. Hal ini karena, tidur siang dapat memicu perubahan aktivitas saraf simpatik dari sistem saraf otonom sebagai pemicu stres.

2. Meningkatkan daya ingat

Selain itu, membiasakan diri untuk tidur siang juga dapat membantu kemampuan belajar Anda, salah satunya meningkatkan daya ingat. Hal ini termasuk melatih keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal. Dilansir dari Sleep Research Society menjelaskan, jika tidur siang memiliki manfaat jangka panjang dibandingkan jika Anda tetap terjaga.

3. Menurunkan tekanan darah

Penelitan baru yang dijelaskan pada 2019 American College of Cardiology’s Annual Scientific Session menjelaskan, tidur siang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah secara signifikan. Rata-rata, tidur siang dapat menurunkan tekanan darah sebesar 5 mmGg. Hal ini sebanding dengan mengonsumsi tekanan darah dosis rendah yang bisanya menurunkan tekanan darah 5 hingga 7 mmHg.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidur siang efektif menurunkan tekanan darah berkat menurunnya hormon stres atau kortisol. Hormon ini ternyata juga merupakan salah satu hormon yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

4. Menjaga suasana hati menjadi lebih baik

Suasana hati yang buruk seringkali disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. Selain menurunkan tekanan darah, tidur siang ternyata juga dapat meningkatkan mood atau suasana hati Anda menjadi lebih baik. Tidur siang dapat memulihkan energi Anda dan membuat lebih rileks setelah stres dan jenuh dengan rutinitas yang dilakukan sehari-hari.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan karena gangguan tidur sperti insomnia atau sleep apnea. Salah satu cara menurunkan risikonya, yaitu bisa melakukan tidur siang.

Dilansir dari Halodoc, peneliti dari Universitas Tokyo di Jepang, tidur siang selama 30 menit mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Namun, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kapan waktu tidur siang yang efektif?

Perlu diketahui jika kunci tidur siang yang efektif adalah menjaga waktu tidur siang tetap singkat, yaitu 10 hingga 20 menit agar Anda tidak memasuki siklus tidur yang terlalu jauh. Hal ini yang sering disebut power nap.

Sebab, saat Anda memasuki tidur yang semakin nyeyak, otak menjadi kurang responsif terhadap ransangan eksternal, sehingga akan lebih sulit untuk bangun dan meningkatkan kemungkinan rasa pening dan kelelahan.

Namun, sayangnya tidak semua orang merasa nyaman saat tidur siang. Beberapa orang merasa tidur siang malah membuat tidur malam menjadi lebih sulit atau sebaliknya. Berikut ini ada beberapa tips cara melakukan tidur siang menjadi lebih efektif.

  1. Buatlah perencanaan. Buatlah jadwal tidur siang yang teratur sesuai dengan kesibukan Anda sehari-hari. Disarankan untuk melakukan tidur siang di antara pukul 1 siang hingga 3 sore agar tidak terlalu dekat dengan jam tidur malam dan tidak terlalu dekat dengan jam makan siang.
  2. Pasang alarm. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa tidur siang tidak dianjurkan untuk dilakukan dalam waktu yang lama. Untuk mendapatkan waktu yang cukup, Anda bisa memasang alarm.
  3. Hindari konsumsi kafein. Hindari konsumsi kafein sebelum tidur siang sebab akan membuat Anda tetap terjaga dan sulit tidur. Efek ini biasanya muncul sekitar 10-20 menit.

Penting untuk diingat bahwa tidur siang yang efektif memerlukan keseimbangan dan pemahaman akan kebutuhan tidur setiap individu. Jika dilakukan dengan bijaksana, tidur siang dapat menjadi alat yang kuat untuk mengelola kesehatan baik mental atau fisik secara keseluruhan.

Apabila Anda membutuhkan layanan Caregiver Live In, Caregiver Visit, Dokter Visit, Fisioterapi, Perawat Live In, Perawat Visit, dan Telekonsultasi yang berpengalaman dan profesional, Anda bisa langsung download aplikasi Care Pro.


REFERENSI

Healthline (2019). Everything You Need to Know About the Benefits of Napping. Diakses pada 11 Februari 2024.

National Sleep Foundation (2019). The Benefits of Napping. Diakses pada 11 Februari 2024.

Verywell mind (2023). How to Power Nap for Your Mental Health. Diakses pada 11 Februari 2024.

Sleep Foundation (2022). Does Napping During the Day Affect Your Sleep at Night?. Diakses pada 11 Februari 2024.

Psychology Today (2020). The Effects of Cortisol on Your Sleep. Diakses pada 11 Februari 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id